nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chief Financial Officer Jadi Posisi Terpopuler Kartini Indonesia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 15:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 320 2044229 chief-financial-officer-jadi-posisi-terpopuler-kartini-indonesia-CiqvUY4oUQ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Sosok perempuan semakin eksis di dunia bisnis dewasa ini. Kehadiran figur perempuan di manajemen perusahaan semakin lumrah dan terbukti mampu meningkatkan kinerja perusahaan, serta membawa pandangan berbeda dari para pria.

Jelang hari Kartini yang jatuh pada 21 April di pekan ini, Grant Thornton menyajikan data soal perempuan Indonesia di dunia bisnis berdasarkan survei bertajuk "Women in Business 2019". Ini laporan tahunan Grant Thornton yang memberikan gambaran dan perspektif perempuan di dunia bisnis secara global.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Ini Akan 'Hilang' di Masa Depan

Berdasarkan survei yang dilakukan di 37 negara, Indonesia melejit di peringkat dua, setelah India, sebagai negara yang paling sedikit posisi manajemen seniornya tidak terdapat perempuan di dalamnya. Survei juga mencatat hanya 2% perusahaan di Indonesia yang seluruh posisi manajemen senior dikuasai pria. Selebihnya tercatat setidaknya satu perempuan memegang posisi strategis kepemimpinan perusahaan.

Posisi CFO Dominan

Survei itu juga menyebutkan, posisi manajemen senior yang paling banyak dipegang oleh perempuan adalah CFO (Chief Financial Officer). Tercatat 50,4% perusahaan memiliki perempuan sebagai pemegang jabatan tertinggi pada bagian keuangannya.

Posisi kedua diikuti Human Resources Director (Direktur Sumber Daya Manusia) yang berada di angka 26% dan CMO (Chief Marketing Officer) 18,9%.

karier

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, para perempuan di Indonesia terus memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Berbagai posisi yang ditempati di manajemen senior perusahaan menandakan peran perempuan di berbagai bidang semakin besar untuk membawa perusahaan memiliki kinerja lebih baik.

Survei "Women in Business 2019" juga mencatat tiga strategi yang paling banyak dilakukan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan dan menjaga keseimbangan gender, yang dapat dirangkum sebagai berikut:

1. Menyediakan program mentoring/pelatihan

2. Memungkinkan fleksibilitas dunia kerja

3. Memastikan akses setara antara pria dan perempuan terkait peluang kerja

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini