nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hore, Tarif Tol Trans Jawa Akan Didiskon saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 18:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 17 320 2044851 hore-tarif-tol-trans-jawa-akan-didiskon-saat-mudik-lebaran-HxbcTxGp7o.jpg Ilustrasi Tol Trans Jawa (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka peluang untuk kembali memberikan diskon tarif tol lagi pada musim mudik Lebaran nanti. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

Menurut Basuki, pihaknya memang berencana untuk memberikan kembali diskon tarif tol. Pada tahun lalu pemerintah memberikan diskon tarif tol yang hasilnya cukup banyak masyarakat yang menggunakan jalan tol.

"Insya Allah (ada diskon tarif tol lagi)," ujarnya saat ditemui di Widya Chandra, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Baca Juga: Pemudik Bakal Habiskan Rp10,3 Triliun, Simak Fakta Mudik Lebaran 2019

Meskipun begitu, Basuki masih belum bisa menyebutkan berapa besaran diskon tarif tol yang akan diberikan. Sebab dirinya harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Nah itu yang paling penting (adil). Nanti kita bicarakan," katanya.

Sebagai informasi, saat ini tol Trans Jawa masih memberlakukan diskon bagi penggunanya. Namun pemberlakuan diskon dilakukan per cluster yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Pemudik Diimbau Tidak Bertumpu di Jalur Tol Jakarta-Cikampek Elevated

Diskon ini diperpanjang dari rencana awal yang berakhir pada 21 Maret 2019 alias dua bulan sejak diberlakukan pada 21 Januari 2019 lalu menjadi sampai batas waktu mudik Lebaran. Saat ini, pemberlakuan tarif ruas Jalan Tol Trans Jawa masih diskon sebesar 15%.

Diskon tarif tol sendiri diketahui telah berlangsung sejak mudik Lebaran tahun 2015. Pemberlakuan diskon tarif tol pada awalnya dimulai saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri BUMN serta Menteri PUPR agar menurunkan tarif tol jelang Lebaran.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini