Share

Operasi Pasar, Kemendag Andalkan Stok Bawang Putih Importir

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 19 320 2045509 operasi-pasar-kemendag-andalkan-stok-bawang-putih-importir-AaFtVHvIj7.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen), Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Tjahja Widayanti mengatakan, pihaknya akan menggandeng beberapa importir untuk bisa menstabilkan harga bawang putih di pasaran.

"Ada sekitar 4-5 importir yang turut menstabilkan harga bawang putih dengan melakukan operasi pasar (OP)," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

 Baca Juga: Pedagang: Harga Bawang Putih Naik Tembus Rp55.000/Kg

Dia menuturkan, lima importir ini nantinya akan melihat kualitas bawang putihnya apakah layak untuk operasi pasar atau tidak. Seperti salah satu Importir yang telah melakukan operasi pasar sebanyak 8 ton bawang putih.

"Mereka kan masih melihat, pasti temen-temen importir melihat apakah bawang putihnya masih layak atau tidak, jadi perlu dilihat dulu," tutur dia.

 Baca Juga: Kemendag: 7 Perusahaan Kantongi Izin Impor Bawang Putih

Dia menambahkan, operasi pasar bawang putih bersama importir sesuai perintah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Pasalnya Mendag mendapatkan laporan harga bawang putih masih tinggi di pasaran.

"Perintahnya kan kemarin sehari sebelum pemilu. Beberapa importir dipanggil oleh pak Menteri, beliau bilang tolong kalian turun ke pasar supaya harga turun. Karena rata-rata di 34 provinsi Indonesia teriak harga bawang putih tinggi. Nah yang baru menyanggupi ada lima importir," ungkapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini