nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendag: Operasi Pasar Bawang Putih Tidak Hanya di Jakarta

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 20:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 19 320 2045586 kemendag-operasi-pasar-bawang-putih-tidak-hanya-di-jakarta-RpyJmpD0fB.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen), Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Tjahja Widayanti mengatakan, operasi pasar (OP), bawang putih akan dilakukan pada pasar-pasar di Indonesia. Sebelumnya, OP dilakukan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur.

Hal tersebut ia lakukan lantaran masih ada beberapa daerah yang harga bawang putihnya tinggi sekali. Dirinya mencontohkan adalah di daerah Lampung dan Samarinda, sementara untuk di Jakarta dirinya menyebut sudah relatif stabil.

"Untuk OP bawang putih ini saya utamakan di daerah yang kenaikan harganya cukup tinggi, sebenarnya kalau Jakarta enggak. Ada di Lampung, Samarinda, Riau, Manado, Palembang dan Jambi," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Dia menuturkan, OP bawang putih yang dilakukan ini, kemendag bekerjasama dengan importir. Dan Importir juga tidak bisa mengeluarkan semua bawang putihnya untuk OP. Karena masih harus dilihat terlebih dahulu.

"Sekarang misalnya ada satu importir bernama pak farid di dalam catatanya ada sekitar 100 ton bawang putih. Nah itu harus dilihat dulu barangnya," tutur dia

Kemudian, lanjut dia, misalnya dari importir lain ada 60 ton bawang putih tapi kan dilihat dulu barangnya. Maka itu jangan sampai di bawa ke pasar telebih dahulu, karena jangan ada komplain nantinya.

"Paling tidak saya tidak mau sampaikan berapa stok yang ada di mereka karena masih harus dilihat. Nanti kalau saya sampaikan ternyata salah ternyata pak farid bilang 100 ton ternyata layak jual itu cuma sekitar 90 ton kan nanti saya dibilang salah," ungkap dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini