nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Divestasi Freeport, Inalum Tegaskan Tak Ada Tarik Ulur Pembagian Saham Papua dan Mimika

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 29 320 2049401 divestasi-freeport-inalum-tegaskan-tak-ada-tarik-ulur-pembagian-saham-papua-dan-mimika-vxxvu7UUGV.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Inalum (Persero) membantah adanya tarik ulur pembagian divestasi saham 10% dari PT Freeport Indonesia antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Hal ini sebelumya disampaikan oleh Marinus Yaung, yang menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika masih tarik ulur soal pembagian divestasi saham 10% dari PT Freeport Indonesia melalui PT Inalum.

"Hingga akhir bulan ke lima atau bulan ini dan akan memasuki bulan ke enam sejak kesepakatan perjanjian pengalihan saham dari Freeport MacMoran kepada Freeport Indonesia melalui PT Inalum pada 21 Desember 2018, proses penyelesaian kepemilikan saham 10% Pemprov Papua dan Pemkab Mimika itu belum selesai," kata staf khusus PT Inalum di Provinsi Papua Marinus Yaung di Kota Jayapura, Sabtu 27 April 2019.

 Baca Juga: Pemerintah Terbitkan Izin Ekspor Freeport Pekan Ini

Namun, Corporate Secretary PT Inalum Rendi Witular mengklarifikasi bahwa Marinus Yaung bukan merupakan staff khusus ataupun karyawan PT Inalum (Persero)

"Pernyataan Sdr. Marinus juga bukan merupakan sikap dan pendapat PT Inalum (Persero)," ujar Rendi Witular, dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Senin (29/4/2019).

Baca Juga: Papua dan Mimika Tarik Ulur Pembagian Saham 10% Freeport

Seperti diketahui, pada akhir 2018 pemerintah Indonesia resmi memiliki 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Hal tersebut menyusul telah dibayarkannya divestasi 51% saham sebesar USD3,85 miliar atau setara Rp55,8 triliun oleh PT Inalum (Persero). Status Freeport Indonesia pun berubah dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini