Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar, Berapa Tarif Jakarta-Cikampek?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 07 320 2052736 gerbang-tol-cikarang-utama-dibongkar-berapa-tarif-jakarta-cikampek-F5K8LoDZBm.jpg Gerbang Tol (Foto: Antara)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Jasa Marga (Persero) mencari skema pembayaran tarif tol baru pasca dipindahkannya Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut). Seperti diketahui, GT Cikarut akan dibongkar dan dipindahkan menuju Cikampek Utama dan Sadang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, ada beberapa zona yang sistem pembayaran diusulkan oleh PT Jasa Marga (Persero). Meskipun begitu, dirinya tidak memaparkan bagaimana usulan tarif yang di maksudkan.

Dari usulan yang disuarakan Jasa Marga, mengindikasi ada perubahan tarif tol. Utamannya adalah pada GT yang berada disebelum GT Cikarang Utama karena ada pertambahan jarak.

Baca Juga: 14 Desa 'Tergusur', Pengukuran Tanah Tol Japek Ditargetkan Selesai Mei

"Dari Jasa Marga ada beberapa zona kan. Ada yang berubah tarifnya. Tapi yang jadi persoalan setelah Cikarut, Cikarang timur, itu seperti apa tarifnya. Akan ada perubahan tarif, tapi yang penting menurut saya yang akan terjadi nantinya cukup banyak perbedaan tarif antara sebelum dan setelah Cikarang Utama," ujarnya saat ditemui di Hotel Ibis Cawang, Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Danang mencontohkan, saat ini dari Cikarang Utama sampai ke Pondok Gede memiliki tarif sekirar Rp4.500. Dengan dibongkarnya GT Cikarang Utama, artinya harus dipikirkan berapa tarif yang harus dibayarkan oleh pengemudi, sebab otomatis ada penambahan jarak.

"Kalau sekarang kan 1.500 sampai pondok gede. Setelah itu naik lagi sampai Rp4.500 sampai ke Cikarang utama. Setelah itu seterusnya Rp15.000. dengan hilangnya gate Cikarut berarti kita harus memastikan mereka bayar berapa," jelas Danang

"Misalnya dari Cikarang timur kan di tengah udah enggak ada gate sampai arah ujung Cipali. Nah itu kita harus tata ulang lagi, keluar di gate mana bayar berapa. Ini yang jadi persoalan sekarang dengan penghilangan gate Cikarut itu," imbuhnya.

Baca Juga: Gerbang Tol Cikarang Utama Dipindahkan ke Cikampek, Ini Penjelasan Bos Jasa Marga

Meskipun begitu, belum bisa dipastikan berapa besaran tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebab, masih harus menunggu keputusan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

"Sampai hari ini belum diputuskan kebetulan pak Menteri kan pergi keluar kota jadi nunggu beliau dan beliau memutuskan seperti apa sistem transaksi," kata Danang

Setelah keputusan sudah dibuat oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, barulah pihaknya melakukan analisis terhadap usulan tersebut. Disamping itu memang pihaknya menunggu pembongkaran GT Cikarut menuju Cikampek Utama dan Sadang.

"Kalau keputusan pak menteri sudah ada, kita akan lakukan analisis dan ujicoba selama seminggu, setelah itu barangkali Minggu ketiga perkiraan kita sudah bisa diimplementasikan. Sambil menunggu pembangunan pecahan gate-nya yang di arah Cipali dan arah ke timur itu selesai di Km 70," jelasnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini