nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Bagi-Bagi 978.108 Ha Lahan Nganggur

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 12:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 470 2052508 pemerintah-bagi-bagi-978-108-ha-lahan-nganggur-JCV4jae0La.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah melalui program reforma agraria akan membagikan lahan menganggur di kawasan hutan negara seluas 978.108 hektare (ha) untuk rakyat. Lahan hutan tersebut tersebar di 20 provinsi di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan keputusan dalam rapat koordinasi mengenai tanah objek reforma agraria antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Baca Juga: Perbaiki Reforma Agraria, Pemerintah Disarankan Bentuk Badan Otoritas

"Itu tanah dari kawasan hutan negara, yang bisa dikonversi, karena sudah tidak produktif. Indikasinya adalah forest cover-nya di bawah 30%. Jadi tadi dibahas tentang bagaimana mekanisme untuk melakukan redistribusinya," jelas Sti Nurbaya ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Dia menyatakan, saat ini tengah dibuat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian LHK untuk pencadangan lahannya. Setelah itu, gubernur akan menetapkan rencana program untuk redistribusi lahan yang selanjutnya diajukan kepada pemerintah pusat untuk disetujui.

"Misalnya berapa hektare lahan dicadangkan ke salah satu gubernur, nah bagaimana gubernur itu redistribusi kepada masyarakat dengan programnya yang harus jelas," tambahnya.

siti

Dia menyatakan, redistribusi kepada masyarakat harus didahului dengan program yang jelas dari pemerintah daerah (pemda). Di antaranya untuk program pertanian terpadu, perikanan, peternakan, fasilitas umum, fasilitas sosial, hingga objek pariwisata alam.

"Itu nanti proposalnya setelah gubernurnya tahu dia punya berapa (luas lahannya), mereka siapkan agendanya, proposalnya," kata dia.

Adapun lahan hutan tidak produktif terluas berada di lima provinsi yakni Papua seluas 271.105 ha, Kalimantan Tengah 225.436 ha, Maluku 160.473 ha, Maluku Utara 97.695 ha, dan Sumatera Selatan 45.712 ha

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini