nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Groundbreaking Ibu Kota Baru 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 16 470 2056468 groundbreaking-ibu-kota-baru-2021-h65oGFC66g.jpg Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah benar-benar fokus untuk memindahkan ibu kota baru dari Jakarta menuju di luar pulau Jawa. Meskipun memang saat ini belum ditentukan kota mana yang akan dijadikan ibu kota baru tersebut.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah akan melakukan groundbreaking pada tahun 2021. Kepastian tersebut setelah dirinya berkoordinasi dengan tim lainnya seperti Menteri PUPR Basuki.

"2021 groundbreaking ibu kota baru Insya Allah," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

 Baca Juga: Pindahkan Ibu Kota, Pemerintah Butuh Rp6 Triliun dari APBN Setiap Tahun

Menurut Bambang pada tahun ini pemerintah akan fokus pada penetapan lokasi dari ibu kota baru. Di samping itu juga pemerintah akan merancang undang-undang dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk pembuatan aturannya.

Setelah itu pada tahun 2020, pemerintah akan mengumpulkan lahan-lahan yang nantinya akan dibangun sebagai ibu kota baru tersebut. Sekaligus juga mengurus mengenai sertifikat lahannya agar dikemudian hari tidak bermassalah ketika pembangunan ibu kota baru dilakukan.

"Tahun ini keta tetapkan lokasinya," ucapnya.

Bambang menambahkan, nantinya pada 2021, pemerintah akan memulai pembangunan dari ibu kota baru ini. Pembangunan sendiri nantinya meliputi pusat pemerintahan dan juga kawasan ekonominya yang akan dibangun ditanah seluas 40.000 hektare (ha).

Khusus untuk pusat pemerintahan akan dibangun ditanah seluas 2.000 hektare (ha). Tanah seluas itu akan dibangun gedung pemerintahan baik dari eksekutif, yudikatif dan legislatif.

 Baca Juga: Bocoran Desain Ibu Kota Baru, Ada Istana Negara hingga Rumah PNS

Sementara itu sisanya, ibu kota baru itu juga nantinya akan digunakan untuk membangun pusat kegiatan dari ibu kota baru tersebut. Misalnnya ada pembangunan perumahan yang dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyrakat umum.

Selain rumah, pemerintah juga akan membangun fasilitas penunjang lainnya. Seperti fasilitas kesehatan, hingga pendidikan yang memiliki kualitas sangat baik.

Pemerintah juga nantinya akan membangun sebuah museum. Museum yang akan dibangun sendiri nantinya tidak hanya untuk menyimmpang barang-barang tak terpakai juga. Akan tetapi ada sebuah nilai dari museum itu sendiri.

Mantan Menteri Keuangan itu menambahkan, yang membuat pembangunan ibu kota baru ini lebih menarik adalah akan dibangunnya taman konservasi nasional. Nantinya, taman konservasi ini diperuntukan untuk orangutan, yang memang Kalimantan sendiri merupakan habitat dari orang utan.

"Perkiraan kami 2024 sudah bisa dimulai proses pemindahan tadi pusat pemerintahan di Jakarta ke pusat pemerintahaan yang baru," ucapnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini