nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tersedia Layanan Penukaran Uang di Rest Area Tol Jakarta-Merak

Rasyid Ridho , Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 320 2057520 tersedia-layanan-penukaran-uang-di-rest-area-tol-jakarta-merak-q2OoTBvdNo.jpg Ilustrasi: Penukaran Uang Kecil (Okezone)

SERANG - Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan di Banten akan membuka layanan penukaran uang kecil di rest area sepanjang Tol Jakarta-Merak pada arus mudik Lebaran 2019.

Pjs Kepala KPw BI Provinsi Banten Erry P S mengatakan, sebagai bentuk bentuk sinergi, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Banten bekerja sama dengan BNI, Bank Mandiri, BRI, BCA, BTN melakukan layanan gerak di rest area di sepanjang Tol Jakarta hingga Merak.

"Layanan gerak ini bisa dimanfaatkan bagi pemudik yang akan melakukan top up uang elektronik dan penjualan kartu uang elektronik," kata Erry kepada wartawan. Minggu (19/5/2019).

Baca Juga: Sediakan Uang Lebaran Rp271,1 Triliun, BI: Cek Keasliannya

Layanan gerak perbankan diselenggarakan di 6 titik yakni rest area KM 13,5; KM 43; KM 68 arah Jakarta dan arah Merak. Layanan gerak perbankan berlangsung dari jam 09.00 -16.00 WIB. "Nanti akan ada mobil mobile dari masing-masing bank yang siap melayani masyarakat yang ingin menukarkan uang atau layanan lainnya," kata dia.

Mobil BNI O-Branch Sediakan Penukaran Uang Rp14,3 Triliun Per Minggu

Dijelaskan Erry, mudik lebaran tahun ini jalan tol dari Jawa Timur sampai dengan Merak telah terhubung langsung serta sebagian jalan tol di Sumatera juga telah beroperasi dan masih mahalnya harga tiket pesawat. "Diperkirakan sebagian masyarakat akan memilih alternatif mudik menggunakan jalan darat," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Saatnya Berburu Uang Baru di Monas

Sehubungan dengan hal tersebut, kami menghimbau agar masyarakat memperhatikan tarif tol yang akan dibayarkan serta memastikan membawa uang elektronik dengan saldo yang mencukupi untuk pembayaran tol yang akan dilewati.

Saat ini, Top-up uang elektronik dapat dilakukan melalui berbagai channel diantaranya ATM, m-banking, dan merchant seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret disepanjang jalur mudik yang akan dilalui. Saat ini top up juga dapat dilakukan di SPBU milik Pertamina dan fintech seperti Tokopedia untuk uang elektronik e-money.

Sebagai informasi, estimasi tarif tol terintegrasi Trans Jawa dari Surabaya – Merak sebesar Rp723.000,00 dan termahal yaitu dari Probolinggo- Merak sebesar Rp 777.500,00.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini