Share

Sediakan Uang Lebaran Rp271,1 Triliun, BI: Cek Keasliannya

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 320 2056866 sediakan-uang-lebaran-rp271-1-triliun-bi-cek-keasliannya-W2jiSTJlHS.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Deputi Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan bahwa BI telah menyediakan uang tunai sebesar Rp217,1 triliun untuk penukaran uang baru jelang Idul Fitri atau saat Ramadan 1440 H. Di mana Rp217,1 triliun itu disebarkan di seluruh Indonesia.

"Untuk Rp217,1 triliun, itu bagaimana pembagian perwilayahan. Jadi, itu banyak sekali di Pulau Jawa. Di mana Jawa non Jabodetabek Rp84 triliun. Jabodetabek sendiri Rp51,5 triliun. Pulau Sumatera Rp41,2 triliun. Sedangkan Indonesia bagian Timur Rp40,4 triliun," ujarnya di Lapangan IRTI Monas Jakarta, Jumat (17/5/2019).

 Baca Juga: Jelang Lebaran, Saatnya Berburu Uang Baru di Monas

Dia menuturkan bahwa BI melakukan penukaran uang ini sangat masif dibantu perbankan yang setia mendukung tugas ini. Di mana BI ada penukaran uang biasa di perbankannya ada kas keliling.

"Betul-betul kita datang ke sentra yang banyak orang seperti pasar, landmark, rest area itu kita juga hadir. Bila ada institusi yang banyak pegawainya bisa minta datangkan mobilnya ke institusi itu supaya betul-betul terlayani masyarakat untuk penukaran uang," tuturnya.

 Baca Juga: Warga Mulai Serbu Layanan Penukaran Uang di Monas

Dia juga mengimbau, agar masyarakat tetap memperhatikan keaslian uang yang diperoleh ketika sudah ditukarkan. Di mana untuk mengetahui keaslian uang dapat dilakukan dengan langkah 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang.

"Saya imbau masyarakat tukar lah uang di tempat resmi penukaran perbankan dan yang ditetapkan BI kas kelilingi. Wilayah 3T pun kita layani. Kemudian lihat ciri-ciri keaslian Rupiah harus lihat ciri-ciri keasliannya," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini