nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemudik Bisa Isi Ulang Uang Elektronik di Eks Gerbang Tol Cikarang Utama

Mulyana, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 14:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 320 2057946 pemudik-bisa-isi-ulang-uang-elektronik-di-eks-gerbang-tol-cikarang-utama-FjZlm9WSHe.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

PURWAKARTA - General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman memastikan, saat arus mudik nanti GT Cikampek Utama sebagi penggati GT Cikarang Utama sudah bisa difungsikan. Kendati, progres pembangunannya belum bisa dikatakan 100% beres.

"Sesuai dengan Permen PUPR mengenai pengoperasiannya, tanggal 23 Mei jam 00.00 WIB, GT baru ini sudah harus beroperasi," ujar Raddy kepada Okezone di lokasi pembangunan GT Cikampek Utama, Senin (20/5/2019).

 Baca Juga: Daftar Tarif Baru Tol Jakarta-Cikampek

Bagaimana nasib GT Cikarang Utama jika GT Cikampek Utama sudah beroperasi? Raddy menjelaskan, mulai tanggal 23 Mei nanti dipastikan sudah tidak ada transaksi di sana. Sebagai antisipasi kepadatan arus di lokasi itu, pihaknya akan melakukan smoothing lajur.

"Cikarut nantinya jadi lintasan saja. Tapi, kami akan lakukan smoothing lajur. Jadi, tidak semua gardu eks Cikarut dibuka. Tapi, akan disesuaikan dengan lajur yang ada. Kami akan pasang sparator, supaya lajurnya tetap empat," jelas dia.

Nantinya, sambil pemberlakuan smoothing lajur, gardu yang tak dipakai akan dibongkar secara bertahap. Supaya, tak ada lagi hambatan di lokasi itu. Sedangkan, sambung dia, untuk eks gardu Tol Cikarut 3 akan digunakan untuk drive thru top up tunai.

"Mulai tahun ini, para pengendara bisa lakukan top up secara drive thru di GT Cikarut 3, bisa semua bank, jadi tidak perlu keluar tol," tambah dia.

 Baca Juga: Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama Beroperasi Pekan Depan

Terkait tarif tol, sebenarnya masih tetap sama. Hanya saja, saat ini sistem penghitungannya dibuat empat wilayah penarifan. Dengan rincian, untuk wilayah satu sampai Pondok Gede Timur tarifnya Rp1.500.

Kemudian, lalu Cawang-Cikarang Barat tetap Rp4.500. Namun, untuk wilayah tiga, yakni dari Cawang ke Karawang Timur, ada perubahan menjadi Rp12.000.

"Untuk wilayah empat, atau yang terjauh, yakni dari Cawang ke Cikampek itu Rp15.000. Sebenarnya tidak berubah, hanya sekarang tarifnya disesuaikan dengan wilayah," tambah dia.

Terkait kesiapan dalam pemberlakuan pola satu arah (one way) dalam mudik nanti, Raddy menjelaskan, perusahaannya telah merancang sejumlah rekayasa. Salah satunya, dengan menyiapkan mobile reader. Serta, menyiapkan 6 gerbang reversibel dari masing-masing arah.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini