nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Mudik Gratis, Menhub Kembali Imbau Pemudik Jangan Gunakan Motor

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 320 2057990 banyak-mudik-gratis-menhub-kembali-imbau-pemudik-jangan-gunakan-motor-l2yWWNGmn5.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Acara Forum Merdeka Barat (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi kembali menghimbau kepada para pemudik agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau motor.Hal tersebut demi keselamatan dari pemudik itu sendiri.

Berdasarkan pengalaman pada mudik tahun lalu, angka kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor masih sangat tinggi sekali yakni sekitar 70%.

"Saya sampaikan berkali-kali, agar pemudik tidak menggunakan motor. Karena pada mudik tahun lalu, kecelakaan banyak dari motor yakni 70%," ujarnya pada acara Forum Merdeka Barat 9 di Gedung Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (20/5/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya mempunyai alternatif bagi pemudik, agar tidak menggunakan motor, seperti ikut mudik gratis, kereta api dan kapal laut.

"Jadi, hal tersebut bisa memberikan alternatif kepada masyarakat yang akan mudik tahun ini," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa mudik tahun ini, pemerintah lebih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pemudik. "Maka itu safety harus ditingkatkan dan kesehatan penumpang," ungkapnya.

Sebelumnya, Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau kepada para pemudik pada tahun ini tidak menggunakan motor. Hal ini dikatakan Budi saat pimpin rapat koordinasi angkutan Lebaran 2019 di Gedung Kemenhub.

"Kami minta campaign yang mengarahkan pemudik motor tidak menggunakan motor. Karena kami akan bekerjasama dengan menyediakan bus-bus gratis," kata Budi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini