Share

MenpanRB Usul ke Jokowi Upacara Hari Lahir Pancasila Diundur atau Dimajukan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 27 320 2061027 menpanrb-usul-ke-jokowi-upacara-hari-lahir-pancasila-diundur-atau-dimajukan-MDMdSscQax.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin (Dokumentasi Humas Kemenpan-RB)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tengah mengupayakan agar upacara hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2019 bisa dimajukan atau dimundurkan. Hal ini bertujuan agar para pegawai bisa mudik ke kampung halamannya lebih cepat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Syafruddin mengatakan, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Namun dirinya belum mengetahui apakah usulan tersebut akan diterima atau tidak.

Menurutnya, jika upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di lingkungan Kemenpan-RB bisa dimundurkan atau dimajukan. Namun jika itu sudah memperingati Hari Lahir Pancasila bersama dengan Presiden Joko Widodo di Istana, tidak bisa ditunda.

"Kalau Kemenpan tidak begitu banyak, tapi ini yang minta itu ASN seluruh Indonesia. Tapi bukan Kemenpan yang minta tapi Presiden. Tapi Insya Allah kita usahakan," ujarnya dalam acara buka bersama di Kantor Kementerian PanRB, Jakarta, Senin (27/5/2019).

 Baca Juga: Libur Lebaran, PNS Wajib Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Jika nantinya disetujui lanjut Kemenpan, upacara Hari Lahir Pancasila itu akan dimajukan atau dimundurkan. Jika dimajukan maka akan dilakukan pada Jumat tanggal 31 Mei 2019.

Sementara jika dimundurkan maka akan dilakukan pada hari Senin, hari pertama setelah cuti dan libur Lebaran. Itupun lanjut Syafruddin, hanya untuk upacara yang ada di internal instansi masing-masing.

"Mungkin paling tidak upacaranya dimajukan hari Jumat atau dimundurkan paling tidak itu. Kecuali upacara yang terpusat dengan Presiden tidak bisa dimundurkan 1 Juni hari Sabtu," katanya.

 Baca Juga: Kepala Daerah Diminta Laksanakan Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Khusus untuk upaya peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri akan dilakukan sesudah lebaran. Nantinya upacara internal instansi KemenpanRB ini akan dilakukan satu hari pasca libur Lebaran.

"Kalau upacara yang di luar Insya Allah kita mundurkan. Ini masih usaha," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini