nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nama Superman Dimenangkan Marxim Farm Makmur, DC Comics Kalah di MA

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 12:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 29 320 2061709 nama-superman-dimenangkan-marxim-farm-makmur-dc-comics-kalah-di-ma-ATk8rbWCPS.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan perusahaan komik asal Amerika Serikat (AS) DC Comics terhadap PT Marxim Farm Makmur. DC Comics menggugat agar Ditjen Haki Kementerian Hukum dan HAM mencoret pendaftaran merek Superman oleh Marxing Farm Makmur.

Kasus bermula dari DC Comics menggugat pembatalan merek Superman, Logo S, serta Superman dan lukisan yang sudah didaftarkan Marxing Fam Makmur. Namun Majelis Hakim Pengadilan Niaga (PN) Jakarta Pusat menolak permohonan DC Comics.

Kendati demikian, DC Comics melanjutkan langkah hukum ke MA. Pihak DC Comics melayangkan permohonan kasasi kepada MA. Sayangnya, permohonan kembali ditolak oleh MA.

Mengutip Putusan MAHKAMAH AGUNG Nomor 1105 K/Pdt.Sus-HKI/2018 Tahun 2018, MA menilai bahwa putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undang-undang, maka permohonan kasasi yang diajukan oleh Pemohon Kasasi DC COMICS tersebut harus ditolak.

“Menimbang, bahwa oleh karena permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi ditolak, Pemohon Kasasi harus dihukum untuk membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi ini, menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi DC COMICS tersebut, menghukum Pemohon Kasasi untuk membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi ini sejumlah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah),” isi putusan tersebut yang dilansir dari laman MA, Rabu (29/5/2019).

Putusan diambil dalam rapat musyawarah Majelis Hakim pada hari Jumat, tanggal 21 Desember 2018 oleh H. Hamdi, S.H., M.Hum., Hakim Agung yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung sebagai Ketua Majelis, Dr. H. Panji Widagdo, S.H., M.H., dan Sudrajad Dimyati, S.H., M.H., Hakim-Hakim Agung sebagai Anggota dan diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum pada hari itu juga oleh Ketua Majelis dengan dihadiri Para Hakim Anggota tersebut dan Frieske Purnama Pohan, S.H., Panitera Pengganti, tanpa dihadiri oleh para pihak.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini