nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dear Pemudik, Ini Titik Rawan Kemacetan saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 19:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 29 320 2061939 dear-pemudik-ini-titik-rawan-kemacetan-saat-mudik-lebaran-u4V0VZG0Ul.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan mencatat adanya beberapa titik kemacetan di jalan Tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran ini. Masyarakat diharapkan dapat menghindari titik tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Budi Setyadi mengatakan, titik macet pertama kemungkinan akan terjadi di Tol Palimanan menuju Cirebon. Kemacetan terjadi, karena pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon akan keluar di pintu Tol Plumbon.

“Untuk jalan tol yang akan banyak antrian itu biasanya, pertama jalan tol di Palimanan sampai dengan Cirebon yaitu ada yang di Plumbon. Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit Tol Plumbon," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Baca Juga: Pemudik dengan Pesawat Terbang Turun, Maskapai Tetap Minta Extra Flight

Titik macet kedua terletak di pintu keluar Tol Ciperna. Menurut Budi, di GT Ciperna banyak pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon, Kuningan hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelasnya

Selanjutnya, titik macet ketiga diprediksi akan terjadi di Tol Pejagan. Di jalan tol ini kemacetan disebabkan oleh pemudik yang menuju arah Brebes, Cilacap, dan Purwekerto.

"Berikutnya di Pejagan karena nanti masyarakat yang ke arah Bumi Ayu, Brebes, Cilacap, Purwokerto itu keluar di sana. Berikutnya di Tegal sampai dengan Purbalingga. Terakhir di Kalikampung Semarang," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Transaksi ATM Tertinggi pada Pekan Ini

Selanjutnya penumpukan kendaraan akan terjadi di pintu keluar Tol Singosari, Malang. Menurut Budi. Macetnya Tol Singosari diperkirakan karena saat keluar tol langsung bertemu dengan jalan menuju Kota Wisata Batu.

"Nah jalan tol yang saya sampaikan tadi ini menjadi perhatian kita termasuk yang terakhir di exit tol Malang Singosari dan di sana jalan tol ya terakhir ada di Singosari itu, kebetulan ketemu jalan negara dan langsung tujuan ke arah Batu tempat wisata. Itu potensi sekali kemacetan," jelas Budi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini