nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos BTN Bicara soal World Bank Turunkan Target Pertumbuhan Ekonomi

Antara, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 21:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 05 20 2063978 bos-btn-bicara-soal-world-bank-turunkan-target-pertumbuhan-ekonomi-XxNob25cwz.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) PT Bank Tabungan Negara atau BTN Maryono mengatakan bahwa pihaknya akan memperhatikan pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi global oleh World Bank atau Bank Dunia dalam kajian paruh kedua 2019 bank BUMN itu.

"Saya kira itu salah satu bagian untuk semester kedua, kita akan melakukan kajian lagi," ujar Maryono seperti dikutip Antara Rabu (5/6/2019).

Dia menuturkan pihaknya memiliki kesempatan dalam paruh semester, untuk melakukan revisi atas Rencana Bisnis Bank (RBB) BTN.

"Itu akan kita jadikan sebagai asumsi bagaimana analisis Bank Dunia, kemudian kita juga akan melihat analisis dari kita dan kondisi makro ekonomi secara global maupun nasional. Dan kami masih memiliki waktu sekitar satu bulan untuk melihat perkembangan ke depan," tuturnya.

Sebelumnya, World Bank atau Bank Dunia telah merevisi target pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,6%. Hal itu turun 0,3% dari proyeksi semula 2,9%.

Merespons hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, revisi pertumbuhan ekonomi global yang dilakukan melihat kemungkinan gejolak perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China. Saat ini perang dagang antar kedua negeri Adidaya tersebut masih belum baik.

"Jadi, kalau lihat keseluruhan tema IMF, WB, OECD dan ADB, mereka itu sudah lihat eskalasi trade war Amerika Serikat dan China itu masuk skenario yang tidak baik. Down side risk sudah terjadi ini berbeda sekali tonenya," ujarnya, di rumah dinasnya, Komplek Widya Chandra, Jakarta.

(Baca Juga: World Bank Turunkan Target Pertumbuhan Ekonomi Global, Begini Respons Sri Mulyani)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini