nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin: Insentif Super Deduction Tax Tinggal Tunggu Tanda Tangan Presiden

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 12:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 20 2065989 menperin-insentif-super-deduction-tax-tinggal-tunggu-tanda-tangan-presiden-ION37xFwjp.jpg Pajak (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan insentif pajak berupa super deduction tax akan terbit pada semester pertama tahun ini. Saat ini prosesnya sudah mencapai tahap akhir dan menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Aturan tersebut bisa rampung di semester pertama. Tinggal tanda tangan Pak Presiden Jokowi. Jadi (Semester ini) bisa," ujarnya di Gedung Kemenperin Jakarta, Kamis (13/6/2019).

 Baca Juga: Genjot Ekspor, Jokowi Kaji Insetif bagi Automotif

Airlangga menuturkan bahwa, peraturan pemerintah (PP) tentang deduction tax sudah disinkronisasi oleh seluruh menteri yang terlibat. Di mana insentif fiskal akan diberikan kepada industri yang terlibat atau berinvestasi dalam program pendidikan vokasi serta melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang/R&D) untuk menghasilkan inovasi.

"Untuk fasilitas vokasi deduction tax 200% tinggal ditandatangani Pak Presiden Jokowi. Dan diharapkan bisa langsung diimplementasikan, di situ ada super deduction tax yang besarannya sampai 300%," ungkap dia.

Baca Juga: Sri Mulyani Masih Kaji Insentif bagi Badan Usaha Jalan Tol

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan insentif pajak berupa super deduction tax akan diterbitkan pada semester I-2019. Insentif pajak diberikan pada industri yang berinvestasi terhadap pendidikan vokasi serta penelitian dan pengembangan (R&D).

Dia menyatakan, regulasi super deduction tax akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Nantinya, beleid ini terbit berbarengan dengan penerapan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil kelas low cost green car (LCGC).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini