nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilpres Rampung, Pasar Saham Diprediksi Kembali Bergairah

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 21:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 17 278 2067569 pilpres-rampung-pasar-saham-diprediksi-kembali-bergairah-GktVn0arNO.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Asosiasi Manajer Investasi Indonesia (AMII) menyebut tren investasi di pasar saham akan kembali bergairah pada semester II-2019. Hal tersebut karena rampungnya pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum (Pemilu).

Ketua Umum AMII Edward Lubis mengatakan, memang sempat ada sentimen kepada pasar modal akibat adanya Pemilu dan Pilpres. Namun seiring dengan rampungnya pesta demokrasi membuat para investor kembali ingin menamkan uangnya di pasar modal.

“Akan ada inflow lagi, kalau kemarin kan masih pada nunggu,” ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Baca Juga: Paninvest Tambah Investasi Saham di PNLF

Memang saat ini Pilpres belum rampung sepenuhnya mengingat masih ada sidang gugatan Mahkahamah Kosntitusi (MK). Namun berdasarkan perkiraannya, begitu sidang MK rampung maka pasar saham akan kembali bergerak positif.

“Kalau sentimen pemilu biasanya ada waktu tunggu, kalau sudah mulai keliatan positi ada tim yang bagus orang bisa curi momentum,” jelasnya

Menurut Edward, pada saat event Pemilu dan Pilpres berlangsung kebanyak investor membeli instrumen investasi yang memiliki risiko rendah. Seperti salah satu contohnya adalah sukuk, hingga surat utang negara.

Baca Juga: Alternatif Investasi di Tengah Kelesuan Pasar Saham

Dari sisi ekuntungan atau ritern memang lebih rendah. Namun dari sisi risiko tergolong cukup rendah juga mengingat bungannya tetap stabil dan flat tanpa terpengaruh kondisi global maupun nasional.

“(Mereka) cenderung beli sukuk atau ORI, Surat Berhagra Negara (SBN) terima kupon dulu atau bahkan pasar keuangan. Enggak tau ngapa-ngapain. Ada saham sedikit tapi masih tradin-trading aja enggak berani yang gede,” jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini