nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Sebut Perkembangan Fintech Mati Satu Tumbuh Seribu

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 320 2067829 menkominfo-sebut-perkembangan-fintech-mati-satu-tumbuh-seribu-1AYUdyu1GY.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengakui adanya pekerjaan rumah terkait perusahaan keuangan berbasis digital alias financial technology (Fintech). Apalagi saat ini perkembangan teknologi begitu cepat bergerak.

Menurut Rudiantara, banyak sekali perusahaan fintech yang ada di Indonesia, namun hanya sedikit yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Salah satunya fintech, Fintech itu di Indonesia barang yang baru,” ujarnya di Hotel Lumire, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Menurut Rudiantara, pemerintah terus berbenah dengan mengatur perusahaan fintech ini. Misalnya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memfasilitasi perusahaan fintech untuk mendapatkan izin.

Baca Juga: OJK Akan Arahkan Fintech untuk Akses Permodalan UKM

Selain OJK, Kementerian Komunikasi dan Informatika ikut serta dalam mengendalikan pertumbuhan fitnech. Misalnya dengan cara memblokir fitnech-fintech yang tak memiliki izin dari OJK.

“Kemudian kita bandingkan data OJK. Selisihnya kalau enggak ada kita tutup. Sehari kalau telat tutup fintech berpotensi orang Indonesia terjebak dalam fintech. Karena proses aduan sendiri harus kita ubah prosesnya,” jelasnya.

Memang lanjut Rudiantara, mengatur fintech sulit untuk diatur karena selalu bertumbuh setiap hari. Namun dirinya optimis pemerintah bisa mengatasi masalah fintech ini asalkan bersama-sama bersinergi.

Baca Juga: OJK Batasi Akses Data Digital Pribadi bagi Pinjaman Online

“Mati satu tumbuh seribu, ada lagi, ada lagi, ada lagi. Kita harus bicara dengan OJK, Kominfo termasuk penegakan hukum. Tinggal cari delik hukumnya,” katanya.

Menurut Rudiantara, ekonomi digital memiliki prospek yang sangat bagus. Bahkan potensi ekonomi digital Indonesia paling paling besar di Asia Tenggara.

“Ekonomi digital sudah pasti karena kita masuk era ekonomi digital. Ekonomi digital Indonesia paling besar di Asean,” kata Rudiantara.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini