nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Boeing Bakal Ganti Nama 737 Max?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 18 320 2067844 boeing-bakal-ganti-nama-737-max-5KJX790tO7.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Boeing terbuka untuk mengganti nama 737 Max-nya yang baru-baru ini mengalami dua kecelakaan tragis di Indonesia dan Ethiopia.

"Saya akan mengatakan kita berpikiran terbuka untuk semua input yang kita dapatkan. Kami berkomitmen untuk melakukan apa yang perlu kami lakukan untuk memulihkannya. Jika itu berarti mengubah merek untuk memulihkannya, maka kami akan mengatasinya. Jika tidak, kami akan mengatasi apa pun yang merupakan prioritas tinggi," kata kata Chief Financial Officer Boeing Greg Smith seperti dilansir CNN, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

 Baca Juga: Pesawat Boeing 737 Max Akan Terbang Kembali

Meski terbuka, namun hingga saat ini Boeing tidak ada rencana untuk mengubah nama 737 Max. Boeing kini fokus pada pengembalian pesawat yang aman ke layanan.

Perusahaan masih belum memiliki jangka waktu kapan regulator maskapai penerbangan di seluruh dunia akan memungkinkan pesawat untuk terbang lagi. 737 Max telah dipasang sejak Maret setelah dua kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia.

737 Max adalah pesawat terlaris Boeing dengan pesanan hampir 5.000 jet yang dipesan. Tetapi Boeing belum menerima pesanan baru.

 Baca Juga: Boeing Rampungkan Perbaikan Software Pesawat 737 Max

Gagasan rebranding 737 Max dimunculkan oleh Presiden Donald Trump dalam sebuah tweet pada bulan April, sekitar sebulan setelah pesawat itu mendarat.

"Apa yang saya ketahui tentang branding, mungkin tidak ada (tapi saya memang menjadi Presiden!), Tetapi jika saya Boeing, saya akan MEMPERBAIKI Boeing 737 MAX, menambahkan beberapa fitur hebat tambahan, & MEREKRUT pesawat dengan nama baru. Tidak ada produk telah menderita seperti ini. Tetapi sekali lagi, apa yang saya tahu? " cuit Trump.

Rebranding sebuah pesawat karena publisitas buruk di sekitar kecelakaan tidak akan terjadi sebelumnya, menurut para pakar penerbangan.

 Baca Juga: Minta Maaf, Boeing Akui Kesalahan Sistemnya Sebabkan Dua Kecelakaan Pesawat 737 MAX 8

Pesawat lain yang memiliki tabrakan profil tinggi seperti DC-10 atau 727 menyimpan nama mereka. Itu karena maskapai tidak akan melihat pesawat secara berbeda dengan nama yang berbeda. Dan para penumpang yang membeli tiket sering tidak menyadari jenis pesawat apa yang akan mereka terbangi.

"Kebanyakan orang tidak tahu apakah mereka menerbangkan Airbus atau Boeing," kata Shem Malmquist, penyelidik kecelakaan dan profesor tamu di Florida Institute of Technology. "Mereka melihat harga tiket."

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini