Tekanan Bisnis Bikin Ritel Berguguran, dari 7-Eleven hingga Giant

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 25 320 2070781 tekanan-bisnis-bikin-ritel-berguguran-dari-7-eleven-hingga-giant-Ut5ItukHST.jpeg foto: Okezone

JAKARTA - Kabar mengejutkan kembali datang dari industri ritel. Setelah banyak yang tumbang pada 2018, kini di pertengahan 2019 sektor ini kembali lesu.

Ya benar saja, ritel modern sekaliber Giant harus menutup enam gerainya di Jabodetabek. Beratnya tantangan sektor ritel setidaknya terlihat sejak dua tahun terakhir.

Pada 2017 lalu, gerai ritel 7 Eleven terpaksa mengakhiri kiprahnya di Tanah Air setelah tidak sanggup lagi bersaing karena besarnya biaya operasional.

Peritel lain, PT Mitra Adiperkasa (MAP), juga menutup gerai ritel Lotus dan Debenhams di beberapa lokasi pada Oktober 2017 dengan alasan restrukturisasi bisnis.

Meskipun nasibnya tidak seperti 7 Eleven yang mengakhiri kiprahnya, indikasi adanya tekanan di bisnis ritel terlihat dari adanya penutupan beberapa toko. Setidaknya enam gerai perusahaan yang dimiliki oleh PT Hero Supermarket Tbk itu disebut bakal berhenti beroperasi.

Baca Selengkapnya: Giant hingga 7 Eleven, Potret Nyata Tekanan Bisnis

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini