nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Fakta Menarik soal Perpindahan Penerbangan di Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 30 320 2072823 8-fakta-menarik-soal-perpindahan-penerbangan-di-bandara-husein-sastranegara-ke-kertajati-C0Qeh62Nru.jpg Foto: Bandara Kertajati (Angkasa Pura II)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan paling lambat pada 1 Juli 2019 seluruh operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati.

Berikut fakta-fakta menarik tentang operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati yang dirangkum Okezone, Senin (1/7/2019):

1. 6 Maskapai Pindah Penerbangan ke Bandara Kertajati, Ini Rutenya

Penerbangan domestik dengan pesawat jet dipindah seluruhnya dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati paling lambat 1 Juli 2019. Total ada 56 penerbangan terdiri dari 28 take-off dan 28 landing, yang pindah ke Kertajati.

Perpindahan penerbangan tersebut dilakukan bertahap dan tenggat terakhir pesawat jet rute domestik beroperasi di Husein Sastranegara adalah 30 Juni 2019.

Berikut daftar maskapai yang mulai bulan depan mengoperasikan penerbangan domestik di Kertajati, sekaligus rute yang dilayani:

1.Garuda: Surabaya dan Denpasar

2. Citilink: Denpasar, Pekanbaru, Kualanamu, Palembang, Surabaya

3. Lion Air: Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Kualanamu, Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, Ujung Pandang, Yogyakarta

4. AirAsia: Denpasar

5. Xpress Air: Palembang dan Padang

6. Nam Air: Surabaya

2. Bandara Kertajati Motor Baru Ekonomi Jabar

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan kesiapannya melayani perpindahan penerbangan maskapai jet domestik dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka. Sesuai rencana, perpindahan 56 penerbangan yang meliputi 13 rute domestik ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tersebut akan dimulai pada 1 Juli 2019 mendatang.

"Kami optimistis Bandara Kertajati ini akan menjadi menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah-daerah di Jawa Barat secara keseluruhan,” kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin pada keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

3. Alasan Penerbangan Bandara Husein Dipindah ke Kertajati

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan alasan mengapa penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara dipidahkan menuju Bandara Internasional Kertajati. Alasan utamannya adalah karena Bandara Husein Sastranegara sudah tidak bisa mengakomodasi pertumbuhan lalu lintas udara yang terdapat di Provinsi Jawa Barat.

Direktur Bandar Udara Kemenhub M. Pramintohadi Sukarno mengatakan, sepanjang 2016-2018, jumlah penumpang di Bandara Husein mengalami pertumbuhan 6% menjadi 3,86 juta pax. Kargo tumbuh 40% jadi 19,21 juta kilogram, dan lalu lintas pesawat tumbuh 11% jadi 31.865 pergerakan pesawat.

"Jadi mau tidak mau harus pindah karena Bandara Husein sudah maksimal dikembangkan,” ujarnya dikutip dari Inews.id.

4. 16 Operator Bus Siap Melayani Bandara Kertajati

Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat atau Jabar menyebut belasan operator bus dan ratusan armada angkutan umum yang siap melayani transportasi darat dari dan menuju Bandara Kertajati.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Andreas Wijanto menyebut sudah ada 19 operator bus dan 167 armada angkutan umum yang siap melayani transportasi darat dari dan menuju ke Kertajati.

“Saat ini kami sedang melakukan sosialisasi karena dengan hadirnya Bandara Kertajati akan membuka pariwisata di daerah Timur Jawa Barat,” ujar Andreas.

5. Lion Air Pindahkan Seluruh, Cek Rutenya

Lion Air Group akan beroperasi di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (KJT) efektif 1 Juli 2019 hingga pemberitahuan lebih lanjut (until further notice). Operasional ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat (BDO).

Lion Air berencana mengoperasikan 26 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Kertajati, melayani 10 kota tujuan domestik, terdiri dari:

Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO)

Pekanbaru – Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau (PKU)

Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH)

Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (SUB)

Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (DPS)

Mataram Lombok – Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Praya, NTB (LOP)

Pontianak – Bandar Udara Internasional Supadio, Kalimantan Barat (PNK)

Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan (BDJ)

Balikpapan – Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN)

Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG)

6. PNS Jawa Barat Dimbau Terbang Lewat Bandara Kertajati

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat mengimbau agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Barat ketika melakukan perjalanan dinas dengan menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Imbauan tersebut diutarakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa terkait pengalihan penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka.

"Untuk semua aparatur termasuk di dalamnya DPRD, di sekitar Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) apabila perjalanan dinas supaya efisien dan efektif itu harus dari Bandara Kertajati," kata Iwa Karniwa seperti dilansir Antaranews, di Bandung, Jawa Barat.

7. Masyarakat Keluhkan Perpindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati

Sejumlah masyarakat mengeluhkan kebijakan perpindahan penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, di Kabupaten Majalengka pada 1 Juli 2019.

"Dengan adanya perpindahan penerbangan ini, secara otomatis pelanggan akan berkurang di Bandara Husein dan itu berdampak pada penghasilan kami," ujar salah seorang pengemudi ojek pangkalan di sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dede, dikutip dari Antaranews, di Bandung.

Menurutnya, para pengemudi ojek pangkalan lainnya di sekitar Bandara Husein juga mengeluhkan hal yang sama seperti dirinya yakni akan dikhawatirkan akan mengalami penurunan penghasilan pasca pemindahan penerbangan tersebut.

"Kalau ngobrol sama pemilik warteg di sekitar bandara juga sama sih kekhawatirannya, bakal sepi pengunjung. Memang ini kemauan pemerintah, kami sebagai masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa," jelasnya.

8. Pemindahan Penerbangan, Maskapai Mulai Mendarat di Bandara Kertajati

Pemindahan penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mulai dilakukan. Hal tersebut diawali landingnya maskapai Indonesia Air Asia dengan rute Denpasar – BIJB Kertajati.

Maskapai Indonesia Air Asia melakukan penerbangan perdana di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka. Penerbangan perdana ini, menandai pemindahan penerbangan domestik untuk jenis pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini