nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Menteri Ekonomi yang Layak Dipertahankan Jokowi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 21:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 05 320 2075259 daftar-menteri-ekonomi-yang-layak-dipertahankan-jokowi-VwGkkbfHfV.jpg Presiden Joko Widodo dan Para Menteri Kabinet Kerja (Foto: Setkab)

JAKARTA - Mendekati masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), isu penyusunan Kabinet Kerja Jilid II pun berhembus. Pasalnya, estafet kepemimpinan akan dilanjutkan oleh Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin.

Salah satu yang menjadi perhatian dari susunan Kabinet Kerja Jilid II yakni menteri yang akan menjabat di bidang ekonomi alias Kabinet Jokonomics. Sebab, salah satu fokus dan tantangan Jokowi adalah bidang ekonomi.

Baca Juga: Utak-atik Kabinet Jokonomics, Ini Jawaban Menteri Susi Ditanya Soal Lanjut Jabatan

Direktur Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, ada beberapa menteri bidang ekonomi yang saat ini menjabat dinilai untuk melanjutkan posisinya di Kabinet Kerja Jilid II. Diantaranya yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Pak Basuki (Menteri PUPR), kita semua tahu dia adalah Menteri yang paling berperan mewujudkan rencana pak Jokowi membangun infrastruktur. Demikian juga dengan pak Budi Karya (Menhub) yang menjadi partner paling pas untuk pak Budi terkait infrastruktur dan kebijakan perhubungan," ujar dia kepada Okezone, Jumat (5/7/2019).

Kemudian, lanjut dia untuk Susi Pudjiastuti, kinerjanya memang tak lagi diragukan semua pihak. Terlebih kesungguhan dan prestasinya dalam melawan mafia perikanan, meski harus menghadapi banyak musuh.

"Tapi kita butuh sosok seperti Menteri Susi mewujudkan cita-cita Presiden Jokowi menjadikan maritim menjadi sektor unggulan," tutur dia.

Baca Juga: Daftar Popularitas Para Menteri Jokonomics di Mata Netizen

Dia menambahkan,diluar menteri bidang ekonomi ada juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang patut dipertahankan. Menurutnya, Retno berhasil membangun reputasi Indonesia di dunia internasional.

Menurut Piter sendiri, kebanyakan menteri-menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi memang miliki catatan yang positif. Kendati demikian, untuk melanjutkan ke periode selanjutanya cukup hanya menteri yang memiliki nilai 'istimewa'.

"Tapi tidak berarti perlu dilanjutkan periode kedua yang lanjut ke periode kedua adalah yang istimewa. Bukan yang cukup bagus dengan beberapa catatan positif. Kita butuh orang-orang istimewa," pungkas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini