nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Peralihan Penerbangan, Bus Damri Gratis ke Bandara Kertajati

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 14 Juli 2019 06:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 13 320 2078433 fakta-fakta-peralihan-penerbangan-bus-damri-gratis-ke-bandara-kertajati-nSI81CZbJj.jpg Foto: Bandara Kertajati (Angkasa Pura II)

JAKARTA - Pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, telah dilakukan. Lantas bagaimana dengan kondisi penerbangan di Bandara Kertajati saat ini?

Okezone pun merangkum beberapa fakta menarik terkait peralihan penerbangan ke Bandara Kertajati, Minggu (14/7/2019):

1. Menhub Pantau Bandara Kertajati

Hingga Minggu (30/6/2019) malam, pengalihan penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka berjalan dengan lancar dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang terus memantau proses pengalihan penerbangan memberikan apresiasi kepada semua pemangku kepentingan.

“Saya terus memantau pengalihan penerbangan sampai penerbangan terakhir yang mendarat di Bandara Kertajati. Petugas dengan baik menyambut kedatangan penumpang pada penerbangan terakhir tadi malam dan memastikan tidak ada penumpang yang tidak terangkut transportasi darat menuju ke kota tujuan,” kata Budi.

Baca Juga: Terbang di Bandara Kertajati, Tingkat Keterisian Penumpang Garuda 85%

2. AirAsia hingga Garuda Sudah Mendarat di Bandara Kertajati

Pada proses pengalihan ini, pesawat pertama yang mendarat di Bandara Kertajati pada Minggu 30 Juni 2019 pukul 08.00 WIB yaitu pesawat Air Asia dari Denpasar, Bali yang membawa 133 penumpang. Selain pesawat Air Asia yang mendarat kemarin, juga mendarat pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 335 Rute Denpasar – Kertajati pada pukul 14.15 WIB dan Lion Air dengan nomor penerbangan 957 rute Pontianak – Kertajati pada pukul 21.00 WIB serta Lion Air nomor penerbangan 953 rute Lombok – Kertajati pada pukul 20. 12 WIB.

3. Tren Positif bagi Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tingkat okupansi (keterisian) penumpang pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menunjukkan tren positif karena sudah mencapai 70%

Baca Juga: Disubsidi, Naik Bus Damri ke Bandara Kertajati Gratis Setahun

"Kalau tingkat keterisian penumpang mencapai 60% sudah bagus. Sekarang di Kertajati sudah 70% dan terus tumbuh dari hanya 50%," kata Menhub Budi.

4. Akses Menuju Bandara Masih Jadi Kendala

Budi Karya mengakui aksesibilitas menuju BIJB masih banyak dipertanyakan oleh penumpang pesawat dan itu memang menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah.

Dari hasil wawancara dengan calon penumpang umumnya mereka menyambut baik keberadaan BIJB karena lebih dekat dengan tempat tinggal.

"Tadi ada warga Kerawang yang mau ke Medan. Dua lebih senang ke BIJB dari pada harus ke Jakarta dan Bandung," kata Menhub.

5. Ke Depan Bandara Kertajati Dilengkapi Hotel

Pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan sarana transportasi massal yang mampu memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati segera dilakukan. Begitu juga dengan pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Bandara Kertajati seperti hotel, pusat makanan dan oleh-oleh.

“Saya harap Pemda di Jabar serta pihak-pihak terkait seperti pengusaha hotel, travel, wisata dan lainnya dapat terus melakukan promosi Bandara Kertajati kepada masyarakat. Misalnya, dengan pemberian diskon hotel untuk penumpang yang akan terbang melalui Bandara Kertajati," ungkap Menhub.

6. Naik Bus Damri ke Bandara Kertajati Gratis Setahun

emerintah akan menggratiskan angkutan bus Damri selama satu tahun dari tiga kota menuju dan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dalam upaya memberikan kemudahan bagi penumpang pesawat.

"Pemerintah akan memberikan subsidi kepada penumpang agar lebih menuju BIJB selain menunggu selesainya pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61 kilometer yang menuju bandara," kata Menhub Budi Karya.

Menurut menhub, langkah menggratiskan Damri juga dalan upaya menekan biaya transportasi dari dan ke BIJB.

Rencananya, kata Menhub, akan ada tiga pemberangkatan gratis bus Damri ke BIJB, yaitu dari Cirebon, Karawang, dan Bandung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini