nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AP II Bakal Kantongi 25% Saham Bandara Kertajati

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 320 2082083 ap-ii-bakal-kantongi-25-saham-bandara-kertajati-wocN7a3sYR.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) akan segera memiliki saham PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal Bandara Kertajati sebesar 25%. Rencananya operator bandara itu akan mengantongi 25% saham tersebut pada pekan depan.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menjelaskan, proses transaksi akan diselesaikan setelah mendapatkan hasil tinjauan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait kesepakatan dan harga valuasi 25% saham.

 Baca Juga: Terbang di Bandara Kertajati, Tingkat Keterisian Penumpang Garuda 85%

Menurutnya, sesuai arahan Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, BPKP diminta melakukan peninjauan selama satu minggu.

"Kita melakukan kajian untuk finalisasi. BPKP yang me-review, dan diminta dalam waktu satu minggu bisa selesai," ujarnya ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta. Senin (22/7/2019).

Adapun kepemilikan saham Bandara Kertajati oleh AP II diberikan sebesar 25%, melalui skema penerbitan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT). Di mana pemegang saham mayoritas adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 Baca Juga: Okupansi Penumpang Pesawat Bandara Kertajati Capai 70%

Awaluddin menjelaskan, jika BPKP telah melakukan peninjauan, maka untuk merealisasikan kesepakatan tersebut pihaknya akan meminta persetujuan terlebih dahulu kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham AP II. Sedangkan, pihak BIJB akan berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat.

"Kalau sudah sepakat berarti kita closing deal. Ya sudah selesai, berarti 25% akan pindah ke PT AP II," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini