nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

90% Nasabah Kelebihan Saldo Sudah Mengembalikan ke Bank Mandiri

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 15:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 29 320 2085013 90-nasabah-kelebihan-saldo-sudah-mengembalikan-ke-bank-mandiri-dMLbDmZPOK.jpg Nasabah Bank (Shutterstock)

JAKARTA - Bank Mandiri menyebut masih ada beberapa nasabah yang belum mengembalikan kelebihan saldo akibat adanya gangguan sistem yang terjadi beberapa waktu lalu. Berdasarkan data Bank Mandiri ada sekitar 2.600 nasabah yang mengalami kelebihan saldo.

Managing Director Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Heri Gunardi mengatakan, dari jumlah 2.600 ada sekitar 90% atau sekitar 2.340 yang sudah mengembalikan kelebihan saldonya. Sementara sisanya 10% atau sekitar 260 nasabah masih belum mengembalikan kelebihan saldonya.

 Baca juga: Eror, Nasabah Berpotensi 'Bawa Kabur' Dana Bank Mandiri hingga Rp10 Miliar

"Dari yang 2.600 nasabah itu tinggal 5-10% (yang belum kembalikan),” ujarnya saat ditemui di Kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7/2019).

 Infografis Bank Mandiri Error

Dari jumlah 10% nasabah tersebut total dana yang belum dikembalikan adalah sekitar Rp10 miliar. Pihaknya masih percaya para nasabah tersebut akan tetap mengembalikan dana yang sudah ditarik itu.

 Baca juga: Saldo Nasabah Mandiri Berubah, Ombudsman Pastikan Tak Ada Hacker

“Dan (kerugian) jumlahnya tidak besar, di bawah Rp 10 miliar," ucap Heri

Heri menambahkan, untuk memastikan agar nasabah mengembalikan kelebihan saldonya, pihaknya akan melakukan pendekatan persuasif kepada nasabahnya. Nantinya, proses pengembaliannya adalah nasabah yang akan mentransfer kepada pihak bank.

Heri memastikan tidak akan memotong otomatis saldo nasabah yang belum dikembalikan. Karena menurutnya, saldo yang ada di dalam nasabah merupakan kewenangan dan hak dari nasabah.

"Karena rekening aman milik mereka, jadi dia yang berhak (kelola). Jadi kita tidak main potong. Yang kelebihan 2.600, yang kembalikan 90% sudah. Kalau diomongin nasabah pasti mengerti. Kita tidak akan sanksi nasabah yang tidak kembalikan," jelasnya

Hery memastikan tidak ada satu rupiah pun uang nasabah yang hilang. Dia memastikan data nasabah selalu terjaga dan tidak pernah bocor ke pihak manapun.

Heri menambahkan, normalisasi sudah dilakukan di hari yang sama. Dia menjelaskan, perubahan tampilan saldo itu diakibatkan adanya kesalahan teknis pada teknologi saat melakukan penyesuaian sistem perbankan.

"Dana nasabah itu aman di bank mandiri. Yang berbeda hanya tampilan saldo saja itu pun sesaat dan sudah normal kembali. Yang komplain kita bereskan lakukan service recovery," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini