Share

Jusuf Kalla Minta Transformasi Setiap Sektor di Tingkatkan Demi Kerek Ekonomi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 320 2089762 jusuf-kalla-minta-transformasi-setiap-sektor-di-tingkatkan-demi-kerek-ekonomi-8SXL98vF8b.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta agar transformasi ekonomi bisa lebih ditingkatkan. Sehingga bisa lebih berdampak besar kepada perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Menurut JK, transformasi perlu dilakukan di setiap sektor. Karena masih ada beberapa sektor yang di impor dari luar negeri, seperti impor migas yang masih menjadi salah satu penyebab defisitnya neraca perdagangan.

“Jadi di beberapa tempat sebenarnya sudah transformasi, tapi harus lebih bangak lagi. Masih banyak sumber daya alam yang kita impor,” ujarnya dalam acara di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Wapres, Apa yang Akan Dilakukan Jusuf Kalla?

Menurut JK, sebenarnya Indonesia memang sudah menjalankan ttansformasi di bidang ekonomi. Misalnya adalah transformasi yang dilakukan pada komoditas sawit.

Pemerintah berhasil mentransformasikan komoditas sawit menjadi barang jadi seperti minyak goreng. Yang terbaru adalah pemerintah mentransformasikan dari sawit menjadi bahan bakar minyak (BBM).

“Sebenarnya Indonesia sudah berjalan dalam transformasi itu. Walaupun kita butuh cepat lagi. Contohnya sawit dari CPO menjadi minyak goreng dan industri hilir lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Wapres JK Bicara Transformasi Ekonomi

Selain itu, lanjut JK, pemerintah juga sebenarnya sudah melakukan transformasi di sektor energi dan sumber daya alam. Transformasi sumber daya alam ini dilakukan dengan pembangunan smelter di daerah.

“Bicara mineral, mengekspor mineral dari sisi pembangunan smelter itu juga mentransform agar dapat nilai tambah,” katanya. 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini