JK Minta Indonesia Contek Singapura, Berubah Jadi Negara Industri

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 320 2089763 jk-minta-indonesia-contek-singapura-berubah-jadi-negara-industri-UiJEu4WHTa.jpeg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto:Giri/Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta agar Indonesia segera bertransformasi menjadi negara industri. Dengan demikian, cita-cita Indonesia untuk menjadi negara berpenghasilan atas bisa terwujud.

Menurut JK, hampir seluruh negara maju sudah mentransformasi ekonominya menjadi negara industri. Salah satu contohnya adalah Singapura.

“Artinya adalah dalam pengertian kita dari negara agraris menjadi industri. Belajar dari negara lain yang mentransformasi industri lainya,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Wapres JK Bicara Transformasi Ekonomi

Menurut JK, semula Singapura merupakan negara yang mengandalkan perdagangan dan pelabuhan. Namun, saat ini Singapura sudah bertransformasi dari negara perdagangan menjadi negara jasa.

“Kemudian Singapura berubah, mix dari pelabuhan dan industri. Industri yang mempunya nilai tambah besar dan jasa. Kemudian dia jadi negara jasa,” jelasnya.

Menurut JK, hampir seluruh jasa ada di Singapura. Sebut saja dari jasa keuangan, jasa kesehatan, dan jasa layanan lainnya menjadi yang terbaik ada di Singapura.

“Merubah dari negara perdagangan jadi jasa,” jelasnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Minta Transformasi Setiap Sektor di Tingkatkan Demi Kerek Ekonomi

Contoh lainnya adalah Malaysia yang kini berubah menjadi negra industri. Padahal semula Malaysia merupakan negara agraris yang mengandalkan ekspor komoditas.

“Malaysia mentransformasi dari agraris menuju industri,” kata JK.  

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini