nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KKP Gandeng Konsorsium Asuransi Lindungi Peternak Udang dan Lele

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 09:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 320 2091191 kkp-gandeng-konsorsium-asuransi-lindungi-peternak-udang-dan-lele-BCd4cHR63w.JPG Foto: Reuters

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo. Kerja sama ini terkait Asuransi Usaha Budidaya Udang Komersial (AUBU) dan Asuransi Perikanan Bagi Pembudidaya Ikan Kecil (APPIK) komoditas ikan lele.

Adapun Jasindo bertindak sebagai pemimpin konsorsium APPIK dan AUBU. Hal ini untuk mendorong kemajuan sektor kelautan dan perikanan di dalam negeri.

Baca Juga: Baru 3 Provinsi Bebas Stunting, KKP Gencar Kampanye Makan Ikan

Direktur Pengembangan Bisnis Jasindo Sahata L Tobing mengatakan, sinergi ini juga mendapatkan dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

“Premi untuk peternak lele Rp135.000 per 200 m2 per tahun. sedangkan nilai perlindungannya Rp4,5 juta jika terdapat gagal panen persiklus budidaya," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

 Baca Juga: Gandeng JICA, KKP Tingkatkan Kualitas Koperasi Perikanan RI

Sahata menambahkan, biasanya para peternak lele atau udang jika mengalami gagal panen akan mengalami kesulitan mencari modal untuk membeli bibit di siklus budidaya berikutnya. "Di sini peran kami, untuk memastikan peternak dapat terus bekerja dan membudidayakan ternak mereka,” katanya.

Konsorsium APPIK dan AUBU juga menyepakati kerja sama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk pemberian akses pinjaman dan modal serta pembentukan ekosistem bersama yang akan meningkatkan kualitas pemasaran dan pengelolaan keuangan dari para pembudidaya ikan.

Diharapkan pada 2020, skema kerjasama ekosistem ini juga mulai membesarkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk asuransi tidak hanya yang disubsidi oleh APBN tetapi memberikan literasi dan meningkatkan inklusi masyarakat pembudidaya dengan meluncurkan produk asuransi perikanan tanpa subsidi APBN atau secara mandiri.

"Semoga asuransi ini akan dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan negeri tercinta kita ini,” katanya.

 Gandeng JICA, KKP Tingkatkan Kualitas Koperasi Perikanan RI

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam memberikan pelatihan selama dua minggu kepada koperasi perikanan Indonesia.

“Program kerja sama ini merupakan pelatihan untuk sumber daya manusia yang menangani koperasi sektor kelautan dan perikanan nasional agar bisa belajar dari Jepang untuk mewujudkan koperasi nasional yang lebih mandiri,” ujar Sekretaris Jenderal yang juga merangkap Plt Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini