nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuki Era Industri 4.0, Menteri Bambang: Sertifikasi Akan Tingkatkan Standar Upah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 15:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 320 2091844 masuki-era-industri-4-0-menteri-bambang-sertifikasi-akan-tingkatkan-standar-upah-hKmMdZ7WgL.jpg Bambang Brodjonegoro (Antara)

JAKARTA - Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), yang juga menjadi fokus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Salah satunya yang akan ditempuh adalah sertifikasi kompetensi tenaga kerja.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, sertifikasi pada tenaga kerja menjadi hal yang sangat penting untuk menunjukkan kompetensinya. Menurutnya, di era industri 4.0 ijazah kelulusan suatu pendidikan saja tidaklah cukup.

 Baca juga: Masyarakat Masih Gagal Paham dengan Perubahan Era Industri 4.0

"Kalau ijazah, seperti lulus SMA atau SMK, itu hanya membuktikan kita sudah melewati semuanya dengan nilai yang cukup, sehingga sudah bisa mengikuti pendidikan selanjutnya. Tapi tidak menunjukan apa-apa tentang keahlian kita," ujar dia dalam diskusi mengenai sumber daya manusia di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

 Bambang Brodjo (Yohana)

Menurut dia, nantinya sertifikasi akan diberikan ke semua level pekerjaan, seperti pada tukang ledeng, tukang kunci, hingga buruh bangunan. "Kalau di luar negeri itu pekerja bangunan punya sertifikat kompetensi," kata Bambang.

 Baca juga: Menperin: Diaspora Bisa Ambil Peluang Bisnis di Era Industri 4.0

Dia menyatakan, sertifikasi bakal memudahkan tenaga kerja untuk mendapatkan upah yang layak. Lantaran sertifikasi membuat adanya acuan upah yang lebih jelas.

"Sehingga tidak lagi memberi upah sembarangan, karena kalau kita tidak punya sertifikat kompetensi, si pemberi kerja mau memberikan upah akan memperhitungkannya," kata dia.

Selain itu, sertifikasi juga bakal memudahkan tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab dengan kepemilikan sertifikasi, pihak penerima kerja mengetahui secara jelas kompetensi yang dimiliki pelamar kerja.

"Jadi dia bisa menunjukkan, kalau dia mampu menjadi plumber, menjadi construction worker, dan sebagainya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini