nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut ke Bos PLN: Listrik Mati Massal karena Pohon Sengon?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 320 2091953 menko-luhut-ke-bos-pln-listrik-mati-massal-karena-pohon-sengon-6Ej0neAXfQ.jpg Foto: Menko Luhut Bertemu Bos PLN Bahas Mati Listrik (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, saat ini PT PLN (Persero) sedang mengaudit investigasi penyebab listrik mati massal. Seperti yang diketahui, salah satu penyebabnya disebut-sebut pohon sengon.

"Ya sekarang kan sedang diaudit semua, dilihat apa salahnya. Apakah ada kesalahan teknis apakah hanya kesalahan pohon sengon itu, atau yang lainnya," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan usai melakukan pertemuan dengan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

 Baca Juga: Seminggu Pasca Mati Listrik Serentak, PLN Masih Tunggu Hasil Investigasi

Selain PLN dan Ombudsman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga baru melakukan mengaudit listrik padam tersebut. Luhut hanya ingin BPPT mengaudit PLN

"Saya cuma mau BPPT melakukan hal itu. Di mana BPPT juga badan lembaga negara. Dan supaya profesor-profesor pinter itu ikut melihat sendiri," ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

 Baca Juga: Rapat 2 Jam dengan Bos PLN, Menko Luhut Bahas Mati Listrik 10 Jam

Sebelumnya, PT PLN (Persero) masih belum bisa memastikan penyebab mati listrik (blackout) disebagian wilayah pulau Jawa yang terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019. Pasalnya, saat ini masih dilakukan invetigasi terkait penyebab blackout tersebut.

Direktur Strategis II PT PLN, Djoko Abumanan mengatakan perseroan baru akan mengumkan kepada publik mengenai penyeban padamnya listrik begitu proses investigasi selesai. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesimpangsiuran mengenai penyebab listrik mati di masyarakat.

“Kita kembalikan ke investigasi, nanti kita ngomong begini terus investigasi bilang bukan disitu, nanti salah,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM.

 Infografis PLN

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini