Beda Lokasi, Menteri Jonan Upacara HUT RI di Freeport dan Wamen Pilih Blok Rokan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 320 2093250 beda-lokasi-menteri-jonan-upacara-hut-ri-di-freeport-dan-wamen-pilih-blok-rokan-1J9pXdoHSz.jpg Foto: Jonan Pimpin Upacara HUT RI di Freeport (Ist)

JAKARTA - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di tempat berbeda.

Jonan memimpin upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di area PT Freeport Indonesia (PTFI), Papua. Sedangkan, Arcandra menjadi Inspektur upacara di Blok Rokan, Blok Minyak terbesar di Indonesia, tepatnya di kompleks perkantoran PT Chevron Pacific Indonesia, Pekanbaru.

 Baca Juga: Dioperasikan November, Gerbang Tol Pekanbaru Jadi Lokasi Upacara HUT ke-74 RI

Pelaksanaan apel upacara di perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya dipimpin seorang Menteri sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam.

Jonan mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah sekadar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa. Para pejuang telah mengorbankan segala daya dan upaya melalui harta benda, pikiran, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

"Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Jonan seperti dilansir keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

HUT ke-74 RI yang mengusung tema pengembangan sumber daya manusia, sesuai arahan Presiden wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu. Berkaitan dengan tersebut Jonan meminta agar Freeport Indonesia tetap terus mengembangkan sumber daya manusia yang ada.

"Kepada PTFI agar bisa terus dapat mengembangkan anak bangsa dan berpartisipasi dalam operasi PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura atau di lokasi yang lain," pinta Jonan.

 Baca Juga: Pakai Baju Polkadot, Menteri Susi: Isi Kemerdekaan dengan Kerja untuk Indonesia

Selanjutnya Jonan mengatakan bahwa kehadiran seorang pemimpin bangsa Indonesia untuk memimpin apel upacara di PT Freeport ini setelah hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia merupakan sebuah kebanggaan.

"Akhir tahun lalu, 51% saham PT Freeport Indonesia kembali ke Negara Indonesia. Saya mengucapkan terima kepada rekan-rekan yang bekerja disini, kepada PT Freeport Mc Moran dan rekan-rekan tenaga kerja asing yang telah membantu PT Freeport di Indonesia selama ini ," tutur Jonan.

Apel HUT ke-74 RI Freeport dilaksanakan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, dihadiri Presiden Direktur PT FI, Toni Wenas dan jajaran pimpinan PT FI. Sekitar 950 orang yang terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri juga hadir pada upacara ini.

 Jonan dan Tahar

Sementara itu, Arcandra Tahar menjadi Inspektur Upacara di Blok Rokan, Blok Minyak terbesar di Indonesia, tepatnya di kompleks perkantoran PT Chevron Pacific Indonesia, Pekanbaru.

Arcandra mengatakan bahwa yang bisa dilakukan di sektor ESDM untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita pahlawan adalah dengan mengamalkan sila ke-5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kementerian ESDM memfokuskan untuk mewujudkan keadilan sosial di bidang energi, melalui pengutamaan perluasan akses terhadap energi dan menjaga harga energi yang terjangkau. Di samping itu, sebagian besar anggaran Kementerian ESDM dialokasikan untuk belanja infrastruktur rakyat seperti Jaringan Gas Kota (Jargas), Konverter Kit LPG untuk Nelayan, Lampu Tenaga Surya Hemat Energi, dan Sumur Bor untuk Daerah Sulit Air," tutur Arcandra.

 Wamen ESDM

Di samping itu, Wamen Arcandra mengungkapkan, dalam pengelolaan energi Nasional, Kementerian ESDM bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta telah melaksanakan tugas dengan baik, seperti di bidang minyak dan gas bumi (migas).

"BBM 1 Harga, saat ini 165 titik telah beroperasi di seluruh wilayah NKRI dan target hingga akhir 2019 sejumlah 170 titik, Konverter kit untuk nelayan dan petani yang telah terealisasi 25.000 unit pada 2018 dan ditargetkan penambahan 13.305 unit pada 2019. Jaringan Gas Kota, hingga tahun 2018 telah tersambung 463.440 Sambungan Rumah (SR) dan ditingkatkan menjadi 541.656 SR di akhir tahun 2019," tandasnya.

Lebih lanjut, Arcandra mengatakan untuk menjaga produksi minyak dan gas bumi serta peningkatan peran nasional dalam pengelolaan migas, Pemerintah telah mengambil berbagai Iangkah strategis, antara Iain dengan alih kelola blok migas seperti Blok Mahakam (Blok gas terbesar) dan Blok Rokan (Blok minyak terbesar) ke PT Pertamina. Kemudian juga pengembangan proyek migas strategis, yaitu Jangkrik dan Jambaran Tiung Biru. serta keputusan pengembangan Blok Masela.

Sementara di sektor Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, rasio elektrifikasi hingga semester I 2019 telah mencapai 98,81% dan akan terus ditingkatkan menjadi 99% hingga akhir tahun 2019.

"Pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi untuk rumah tidak berlistrik serta Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan rasio elektrifikasi pada daerah yang belum dilayani PLN," imbuh Arcandra.

Sebagai informasi, kali ini pimpinan Kementerian ESDM melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-74 di setiap fasilitas ESDM. Hal ini untuk menunjukkan keseriusan Pemerintah sebagai pelayan masyarakat dalam memberikan dukungan langsung kepada seluruh elemen pelaksana sektor ESDM di seluruh nusantara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini