nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Bangun Rumah Tahan Gempa

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 19:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 18 470 2093472 5-tips-bangun-rumah-tahan-gempa-Gyn3VKFkW6.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Dalam membangun rumah, tentunya kita harus memiliki fondasi yang kuat agar terhindar dari bencana salah satunya gempa bumi. Karena fondasi itu salah satu peran yang sangat penting yaitu sebagai penahan beban dari seluruh bangunan rumah.

Tanpa adanya pondasi yang kokoh, tentu bangunan akan menjadi kurang kuat dan kurang layak untuk digunakan. Berikut adalah tips bangun fondasi rumah yang kuat dari semen indonesia yang dilansir dari akun resmi Kementrianbumn, Minggu (18/8/19).

1. Pastikan kedalamannya

Agar semakin kuat, kita harus pastikan berapa kedalaman pondasi tersebut dari permukaan tanah untuk bagunan rumah yang terdiri dari satu lantai maupun dua lantai agar mampu menahan beban bangunan diatasnya.

2. Kenali mutu beton yang digunakan

Pastikan beton yang kita ingin gunakan memiliki mutu yang baik. karena jika salah memilih beton dengan mutu yang kurang baik hal itu pastinya membuat ponasi tidak akan kuat saat menghadapi gempa bumi tersebbut.

3. Gunakan rasio 1:5 dalam adukan semen pasir untuk pondasi batu kali

Untuk pondasi dengan pasangan batu kali, ikatan antar batu kali di buat dengan perbandingan campuran 1 semen : 5 pasir

4. Gunakan tulangan berukuran minimal 12 mm untuk pondasi footflat

Pondasi footflat biasanya pada umumnya dipakai untuk rumah 1 lantai, 2 lantai, 3 lantai, dan bahkan bisa juga 4 lantai, jika dimensi tapak pondasi diperbesar dan yanah dasarnya cukup keras. Besi yang dipakai pun biasanya adalah berdiameter 12 mm

5. Pastikan tulangan pondasi benar benar menyatu dengan tulangan kolom struktur hingga kebagian atas bangunan

Selalu pastikan bawha setiap komponen-komponen elemen bangunan, baik struktural dan non-struktural menyatu dengan baik satu sama lain. Hal ini akan memperkokoh bangunan dan juga membantu bangunan menyalurkan beban gempa secara lebih merata.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini