nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Survive bagi Anak Kost, Simak 5 Celahnya

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 17:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 320 2094381 cara-survive-bagi-anak-kost-simak-5-celahnya-4vBUUeL0MH.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Pergi merantau demi kuliah dan menjadi anak kost mungkin akan terasa berat. Ada banyak yang harus dipertimbangkan setelah tinggal jauh dari orangtua. Mulai memikirkan tempat tinggal, uang makan dan uang saku untuk setiap harinya

Kalau belum pernah punya pengalaman mengelola uang, mungkin akan menimbulkan ‘tekanan’ tersendiri. Apalagi menjelang akhir bulan, biasanya dompet mulai menipis lantaran sudah banyak pengeluaran yang kamu keluarkan untuk sekadar minum kopi sambil buat tugas atau datang ke acara pesta ulang tahun teman.

 Baca Juga: 5 Tips Atur Uang untuk Mahasiswa yang Ngekos di Jakarta

Semuanya perlu dikelola dengan baik. Berikut tips agar para mahasiswa baru yang sedang beradaptasi menjadi anak kost seperti yang dilansir Hercampus.com, Selasa (20/8/2019).

1. Tetap Awasi Pemasukan dan Pengeluaran

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah awasi setiap pengeluaran dan pemasukan yang kamu lakukan setiap bulan nya. Seiring perkembangan teknologi, banyak sekali applikasi pencatat pengeluaran dan pemasukan uang yang bisa kalian unduh di gadget kalian. Atau anda juga bisa memanfaatkan fitur perhitungan yang ada di Microsoft Excel. Pokoknya, jangan sampai pengeluaran dan pemasukan mu tidak tercatat dengan baik ya!

 Baca Juga: 8 Trik agar Anak Kos Bisa Bertahan Hidup di Tanggal Tua

2. Perhatikan Pengeluaranmu

Meskipun sulit memprediksi setiap biaya yang akan kamu keluarkan selama setahun, aka nada beberapa biaya yang pasti perlu kamu pertimbangkan saat menentukan pengeluaran, seperti uang sekolah, bayar kost, makan, transportasi, tagihan-tagihan tak terduga, dan buku atau perlengkapan kampus. Cari tahu semua hal yang kamu harus bayar dan jangan lupa catat biayanya seakurat mungkin, jangan sampai pengeluaranmu lebih besar dari pemasukanmu ya.

 Ilustrasi Rupiah

3. Cari Uang Tambahan

Kamu pasti akan merasa sedikit kewalahan setelah melihat semua uang keluar selama sebulan, tapi jangan takut, tetap tenang dan sekarang saatnya kamu bisa mencari uang tambahan dengan cara mencari part time job dan hitunglah. Berapa penghasilan yang kamu dapatkan dengan apa yang dikeluarkan. Jangan lupa untuk masukan uang penghasilanmu ke bank, agar kamu tidak selalu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

 Ilustrasi Rupiah

4. Mulailah Menyeimbangkan Anggaran

Setelah kamu menentukan pengeluaran yang akan kamu keluarkan untuk sebulan kedepan, sekarang waktunya kamu memperhitungkan rencana yang akan kamu lakukan untuk bulan selanjutnya, jangan sampai penghasilanmu habis sebelum waktunya, kalau bisa sisa itu bisa lebih bagus.

5. Sesuaikan Segala Anggaran

 

Apa gunanya anggaran yang sudah kamu buat kalau kamu mengabaikan nya? Simpan catatan pengeluaran kamu selama beberapa minggu untuk memperkirakan dengan lebih baik jumlah pengeluaran yang fleksibel untuk mu, Perhatikan tempat-tempat di mana kamu akan mengeluarkan terlalu banyak pengeluaranmu di akhir bulan, atur rencana mu agar sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran.

 Ilustrasi Rupiah

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini