Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Begini Persiapan Pengusaha

Amir Sarifudin , Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 22 470 2095444 ibu-kota-pindah-ke-kaltim-begini-persiapan-pengusaha-nws7ezHoGA.jpg Persiapan Pengusaha Ibu Kota Pindah ke Kaltim. (Dok: Kementerian PUPR)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil membocorkan ibu kota Indonesia akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Meski demikian, pemerintah masih merahasiakan lokasi pasti dari calon ibu kota baru.

 Baca Juga: Jadi Ibu Kota Baru, Wali Kota Balikpapan Beberkan 'Harta Karun' Kaltim

Menanggapi hal ini, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan Yaser Arafat menyatakan masyarakat Kaltim termasuk pelaku usahanya harus siap menyambut baik dan mempersiapkan diri terlibat.

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan peluang bagi pengusaha lokal untuk meningkatkan kemampuan daya persaingan dan pengembangan usaha.

"Seyogyanya harus bersiap karena sangat banyak hal positif tatkala sudah ada keputusan bahwa Kaltim sebagai ibu kota," kata Yaser Arafat, Kamis (22/8/2019).

 Baca Juga: Ibu Kota Baru Indonesia, Netizen: Welcome DKI Kaltim

Desain Ibu Kota Baru

Gaung Kalimantan Timur sebagai IKN sudah menunjukan geliat ekonomi seperti meningkatnya arus orang dan barang. Khususnya untuk Kota Balikpapan yang merupakan pintu gerbang Bumi Etam.

"Tinggal seberapa siap menyambut terwujudnya IKN di Kaltim karena begitu diputuskan, maka akan besar-besaran pengadaan lahan yang tak hanya eksisting, tapi juga lahan pendukung," ujarnya.

 Desain Ibu Kota Baru

Begitu pula proyek pengadaan infrastruktur penunjang karena akan menjadi incaran investor yang akan datang berbondong-bondong untuk menangkap peluang tersebut. "Sektor pariwisata, perhotelan, properti hingga UMKM juga akan terdongkrak," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini