nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Dagang Memanas, Trump Minta Perusahaan AS Cabut dari China

Minggu 25 Agustus 2019 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 25 20 2096352 perang-dagang-memanas-trump-minta-perusahaan-as-cabut-dari-china-pn0aucgsNW.jpg Donald Trump (Reuters)

WASHINGTON - Presiden Donald Trump memerintahkan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat di China untuk segera mencari alternatif investasi selain China.

Mengutip laman VoA Indonesia, Jakarta, Minggu (25/8/2019), hal ini diutarakan setelah China menaikkan tarif atas barang-barang buatan Amerika bernilai USD75 miliar dan melanjutkan tarif 25 persen atas mobil buatan Amerika. Hal ini sebagai balasan atas kenaikan tarif yang diumumkan Presiden Trump mulai berlaku tanggal 1 September.

 Baca juga: Saran Emil Salim agar RI Untung dalam Perang Dagang AS-China

Trump tidak menjelaskan atas dasar apa ia memerintahkan perusahaan Amerika yang ada di China untuk keluar. Katanya ia akan mengeluarkan pernyataan tentang itu Jumat 23 Agustus 2019 malam.

 Donald Trump

Pengumuman Trump dan pemerintah China itu membuat resah pasar saham. Indeks saham Dow jones anjlok lebih dari 620-point pada penutupan bursa akhir pekan lalu.

 Baca juga: Perang Dagang AS-China Kian Sengit, Perusahaan Teknologi Kencangkan Ikat Pinggang

Trump juga mengecam kepala Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Jerome Powell, karena tidak mau menurunkan tingkat suku bunga seperti yang dimintanya.

Trump kemudian mencuit: “Pertanyaan saya, siapakah musuh kita yang lebih besar? Jay Powell atau ketua partai komunis China Xi Jinping?.”

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini