nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank Mandiri Akan Laporkan Pembuat Hoaks soal Transfer Rp800 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098588 bank-mandiri-akan-laporkan-pembuat-hoaks-soal-transfer-rp800-triliun-0nrU34JsAX.jpg Bank Mandiri (Okezone)

JAKARTA - Bank Mandiri berencana melaporkan balik Michael Olsson kepada pihak berwajib. Pasalnya Olsson telah menyebarkan informasi bohong (hoax) tentang dana transfer senilai Rp800 triliun atau sekitar 50 miliar euro.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, langkah pihaknya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perseroan, untuk mendukung pemerintah memerangi hoax. Pasalnya, tudingannya bukan hanya mencemarkan nama baik tapi juga menyebarkan informasi yang berpotensi mengganggu perekonomian.

 Baca juga: Kronologi Transfer Rp800 Triliun ke Bank Mandiri, Ada Nama Raja Salman Lho

"Kami akan laporkan ke Kepolisian karena bukti-bukti sangat kuat. Kami tembuskan juga ke Kemenkumham yang membawahi imigrasi. Ini orang asing. Bank ini bank besar, berita itu bisa membuat ketidakpercayaan kepada perbankan. Kami akan laporkan pasal tidak hanya pencemaran nama baik tapi juga mengganggu perekonomian nasional," ujarnya saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

 Rohan rafas (Okezone)

Rohan menambahkan, upaya pelaporan ini merupakan tindak lanjut usai pihaknya melaporkan media, yang sebelumnya ikut memberitakan hoax dari Olsson tersebut. Meskipun memang, Rohan tidak menyebutkan nama media yang dimaksudkan.

 Baca juga: Soal Dana Transfer Rp800 Triliun, Mandiri: Kalau Benar Bisa Pindah Ibu Kota 2 Kali

"Tiba-tiba beberapa hari lalu ada sejumlah media online yang memuat komplain nasabah tersebut. Kebetulan media Online-nya juga yang sudah kami laporkan pada kepolisian karena ada berita hoaks sebelumnya juga," jelasnya

Selain itu, Rohan mengatakan bahwa Bank Mandiri juga akan berkordinasi juga dengan pihak imigrasi. Hal ini berkaitan dengan status kewarganegaraan Michael Olsson.

 Baca juga: Dana Transfer Rp800 Triliun, Bank Mandiri: Hoax

Pasalnya, sebagai warga negara asing Olsson dinilai telah melakukan penghasutan publik, dengan berita bohong yang dapat berpotensi merongrong ekonomi negara karena meresahkan masyarakat.

"Bank Mandiri mengajak masyarakat untuk dapat mencegah peredaran berita hoaks yang kerap terjadi di media sosial dan aplikasi percakapan mobile," jelasnya.

Menurut Rohan, informasi hoax tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan keresahan, Apalagi menurutnya, hal tersebut dilakukan oleh warga negara asing.

“Kami tidak akan pernah berhenti mendukung pemerintah dalam memerangi hoaks, terlebih yang dapat merusak sendi-sendi kemaslahatan masyarakat dan tatanan industri keuangan Tanah Air,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini