nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompensasi Mati Listrik Tak Tutup Kerugian, YLKI Minta Konsumen Selalu Bersiap Diri

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098640 kompensasi-mati-listrik-tak-tutup-kerugian-ylki-minta-konsumen-selalu-bersiap-diri-sRy6srCMwv.jpg Listrik (Okezone)

JAKARTA - Imbas mati listrik serentak di DKI Jakarta hingga Banten membuat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus memberikan kompensasi ke konsumen. Namun, kompensasi tersebut mendapat tanggapan sinis dari masyarakat.

Beberapa konsumen menyatakan soal kompensasi yang tidak sesuai dengan jumlah kerugian yang diterima masyarakat. Hal ini pun mendapat tanggapan serius dari Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

 Baca juga: Soal Mati Listrik, YLKI: Masyarakat Ingin Kehandalan PLN Bukan Kompensasi

"Regulasi yang ada memang seperti itu, memang ada dua aspek: ada kompensasi dan juga ganti rugi, kalau kompensasi memang lebih rendah dari ganti rugi. kalau saya lihat dari berbagai regulasi di dunia, tidak ada kompensasi yang sampai mengganti semua kerugian konsumen," Ujar Tulus, dalam Diskusi MNC Trijaya, Jumat (30/8/2019).

 mati lampu

Dirinya menambahkan, seharusnya konsumen yang mendapat kerugian, sebelum ini terjadi sudah memiliki backup. Menurutnya, ketika pasokan listrik mati seharusnya konsumen telah memiliki cadangan listrik agar hal-hal yang bersifat merugikan dapat dicegah.

 Baca juga: Sempat Padam, Listrik di Wilayah Jakarta Ini Sudah Nyala Lagi

"Saran saya, kalau dia punya aset yang berharga, seperti ikan koi seharga Rp200 juta mati akibat pemadaman listrik harusnya dia punya backup dong, seperti genset, dan dia tidak bisa mengandalkan PLN saja" ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini