nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tambahan Impor Berlaku, Genderang Perang Dagang AS-China Kian Memanas

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 02 September 2019 07:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 01 20 2099286 tarif-tambahan-impor-berlaku-genderang-perang-dagang-as-china-kian-memanas-eOcLJJE3zz.jpg Babak Baru Perang Dagang, AS-China Berlakukan Tarif Impor Tambahan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ketegangan hubungan Amerika Serikat dan China semakin memanas. Hal ini disebabkan oleh kebijakan tarif impor tambahan pada babak baru perang dagang AS-China.

Keputusan tarif impor tambahan mulai diberlakukan pada 04.01 GMT (Minggu waktu setempat) atau pukul 11.01 WIB. Demikian seperti dilansir dari Reuters.

Amerika Serikat mulai mengenakan tarif tambahan sebesar 15% pada USD125 miliar produk impor China. Trump menegaskan bahwa tekanan ekonomi AS pada China ditujukan untuk mencegah pihak berwenang melakukan tindakan keras terhadap demonstran pro demokrasi di Hong Kong.

Sementara itu, China pun mengenakan tarif tambahan sebesar 5% dan 10% pada 1.717 dari total 5.078 produk yang berasal dari Amerika Serikat. Tarif tambahan tersebut berlaku pada produk impor AS, salah satunya seperti minyak mentah yang kini menjadi incaran.

Menanggapi hal ini, media pemerintahan China menegaskan bahwa sebagai satu-satunya negara adikuasa di dunia, Amerika seharusnya dapat memikul tanggung jawab dengan semestinya dan bergabung dengan negara-negara lain dalam menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik dan lebih makmur.

Baca Selengkapnya: Babak Baru Perang Dagang, AS-China Berlakukan Tarif Impor Tambahan Hari Ini

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini