nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Tokoh Pewayangan Semar dan Ibu Kota Baru di Kalimantan

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 02 September 2019 11:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 02 470 2099521 viral-tokoh-pewayangan-semar-dan-ibu-kota-baru-di-kalimantan-jM6C0e9bZS.png Viral Semar dan Ibu Kota Baru di Kalimantan (Foto: Twitter/@ibnuyasir38)

JAKARTA - Banjir komentar ibu kota pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim) terus bermunculan. Ada yang positif dan negatif. Apalagi mulut para netizen yang kadang mengundang gelak tawa dengan meme-meme ibu kota pindah.

Selain itu, netizen juga mengusulkan beberapa nama untuk ibu kota baru, seperti Jokograd hingga Sankt-Jokoburg.

Baca Juga: Muncul Usulan Nama Ibu Kota Baru, dari Jokograd hingga Sankt-Jokoburg

Kali ini, berita soal ibu kota pindah ke Kaltim khususnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara dikaitkan dengan tokoh pewayangan Semar. Kok Bisa?

Semar

Tokoh pewayangan Semar kembali ramai dibahas di jagat Twitter. Berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Seperti akun Twitter Suryanata @Suryanata180808

Membalas @daunsirih5 @JawiDwipa dan

Kalo kami di Kalimantan sering mencuci keris Semar pake limau nipis, lalu diasapi dgn dupa/hio/gaharu dan diberi kopi hitam.

Sepertinya bukan budaya Dayak/Banjar/Melayu, melainkan agar tidak diganggu oleh khadam keris tsb.

SENGKUNI URIP @rickyagungf

Ibukota pindah kalimantan = Semar Bangun Khayangan

#ygtautauaja


Prayusa @prayusaa

Gambar peta kalimantan si Twitter disamain sama joker.. sementara di Facebook disamain sama Semar dan filsufnya. Hmmmmm.. mencolok memang

Almarhum @ibnuyasir38


Ngak nyangka ternyata pulau Kalimantan mirip sama SEMAR tokoh pewayangan, dan semar pernah di tanya oleh Raja brawijaya 5,ya semar Dimanakah letak ibukota yg bagus semar menjwb di sini sambil menunjuk pusat/pusar di perutnya. Yaitu kaltim😁

Desain Ibu Kota Baru

Sementara itu, dalam akun Facebook Hartono Rakiman, Hartono membayangkan Pulau kalimantan yang dianggap mirip seperti sosok pewayangan Semar.

"Sedang ramai ramainya perbincangan pemindahan Ibu Kota RI ke Pulau Kalimantan. Saya malah terbersit sosok Semar saat membayangkan Pulau Kalimantan Di sini thole, lokasi ibu kota kayangan. Semar bersabda kpd gareng, petruk dan bagong sambil menunjuk lokasi persis di pusernya senditi," tulis Hartono.

 Desain Ibu Kota Baru

Hartono memposting unggahan ini pada 26 Agustus 2019 setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi ibu kota pindah ke Kaltim.

Status yang diberi judul "Pusar Semar" itu sudah mendapat like sebanyak 12 orang dan mengundang komentar dari netizen. Ada 3 komentar yang merasa setuju dengan status yang dibuat Hartono, berikut komentar dari warga Facebook:

Wahyu Gunawan: " persis sama apa yang kubayangkan."

Agung Dipo: " Iyo kie..derek share nggih..."

Fathan Almaisan: "njih pak..kalau kita lihat gambar semar..letaknya persis di puser/udelnya semar njih...."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini