Proyek Jalan Nasional Ini Pakai Campuran Aspal Karet hingga Solar Cell

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 320 2100461 proyek-jalan-nasional-ini-pakai-campuran-aspal-karet-hingga-solar-cell-P5B5bNicyI.png Proyek Jalan Pakai Campuran Aspal Karet (Foto: Instagram/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali meningkatkan kualitas jalan nasional di Pulau Jawa. Kali ini, proyek preservasi jalan nasional Lintas Tengah Jawa pada ruas Ajibarang-Banjarnegara menggunakan campuran aspal karet.

"Btw, proyek ini menggunakan campuran aspal karet, loh," cuit akun instagram resmi PUPR @kemenpupr, Rabu (4/9/2019).

 Baca Juga: 177,9 Ton Karet untuk Mengaspal 65 Km Jalan, Apa Kelebihannya?

Perlu diketahui, penggunaan karet sebagai campuran aspal ini dapat meningkatkan kualitas jalan. Aspal yang telah dicampur dengan karet memiliki tingkat perkerasan yang lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada aspal basah, serta memiliki daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa.

Dengan kata lain, kualitas aspal karet justru dinilai lebih baik daripada kualitas aspal biasa. Oleh karena itu, penggunaannya semakin digalakkan dan tentunya berdampak baik untuk meningkatkan kesejahteraan petani karet lokal.

 Baca Juga: Perintah Presiden: Karet Jadi Campuran Aspal

Pekerjaan ini dilakukan sepanjang 10,5 km dari Ajibarang, Banyumas, Klampok, hingga Banjarnegara. Adapun perbaikan yang dilakukan meliputi perbaikan eksisting, penambalan jalan berlubang, dan pengaspalan jalan 2 lapis.

Tidak hanya ruas jalan, proyek preservasi ini juga memperbaiki drainese jalan agar mengurangi risiko terjadinya genangan di jalan.

 Aspal Karet

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini