nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rampung 2021, Proyek SPAM Senilai Rp1,6 Triliun di Pekanbaru Dimulai

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 20:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 04 320 2100715 rampung-2021-proyek-spam-senilai-rp1-6-triliun-di-pekanbaru-dimulai-5dZhJyogFf.jpg Ilustrasi Sistem Penyediaan Air Minum. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah akan segera membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar akan segera dibangun. SPAM ini akan melintasi akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa atau 102.000 Sambungan Rumah.

Pembangunan tersebut bisa dilakukan menyusul diserahkannya Surat Keputusan Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Penyelenggaraan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Proyek tersebut akan dikerjakan dan dikelola oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari.

Baca Juga: Pakai Skema KPBU, Penyediaan Air Bersih untuk Masyarakat Bisa Ditingkatkan

Dikutip dari keterangan tertulis PT PP, Rabu (4/9/2019), total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh Konsorsium PPMV adalah sebesar Rp1,6 triliun. Jumlah tersebut akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1.000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya ‘twinning program’.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara Konsorsium PPMV dan Divisi Air PT Sarana Pembangunan Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar. Pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kab Kampar direncanakan akan dimulai pada tahun 2020 dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai di tahun 2021.

Baca Juga: Proyek Air Minum Dumai Senilai Rp489 Miliar Segera Dibangun

Jika sudah beroperasi, SPAM Lintas Kota Pekanbaru–Kab.Kampar akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa yang terdiri dari lima kecamatan. Kelima kecamatan ktu adalah Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 % di area pelayanan, menjadi 55 % (greenfields) dengan sumber air baku adalah Sungai Kampar. Standar kualitas air adalah air minum sampai di rumah pelanggan, dengan pelayanan 24 jam per hari.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini