Share

Ada 3 Ruas Tol Trans Sumatera Diresmikan Presiden Jokowi di 2019, Intip Bocorannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 320 2100953 ada-3-ruas-tol-trans-sumatera-diresmikan-presiden-jokowi-di-2019-intip-bocorannya-v0d7mkPncf.jpg Jalanan (Reuters)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan tiga ruas tol pada tahun ini. Ketiga ruas tol tersebut merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya ( Persero) Agung Fajarwanto mengatakan, yang terdekat, perseroan akan mengoperasikan ruas tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung. Rencananya ruas tol sepanjang 185 kilometer (km) ini akan diresmikan pada bulan ini oleh Presiden Joko Widodo.

 Baca juga: Bos Jasa Marga Akui Ajukan Kenaikan Tarif Tol

Ditargetkan dari Bakauheni menuju Palembang akan tersambung seluruhnya pada tahun ini. Dengan tersambungnya jalan tol ini, maka waktu tempuh dari Bakauheni menuju Palembang hanya 4 jam saja dari semula harus 10-12 jam.

 Jalan Tol

“Tadi sebagaimana dijelaskan target (pengoperasian tol) utama dari Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung,” ujarnya dalam acara Ngobras di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

 Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota hingga Jagorawi Naik Lagi

Saat ini lanjut Fajar, pihaknya sedang memperbaiki catatan-catatan yang diberikan oleh tim teknik yang melakukan uji laik operasi (ULO). Setelah kekurangan diperbaiki, maka jalan tol ini bisa diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami sekarang ada beberapa catatan yang harus kami sempurnakan sebelum bisa dioperasikan. Sekarang memperbaiki catatan catatan. Kalo tim teknik kan datangnya dari Kementerian PUPR, hingga Kepolisian. Tapi secara fisik sudah. Sisa pekerjaan hanya di rest area nanti akan kita siapkan,” jelasnya.

 Baca juga: Dioperasikan Tahun Ini, Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Capai 96%

Selain itu lanjut Fajar, Hutama Karya juga akan mengoperasikan ruas tol Pekanbaru-Dumai. Rencananya, ruas tol ini akan diresmikan pada November 2019 mendatang.

Saat ini pembebasan lahan jalan tol sendiri sudah mencapai hampir 100%. Namun masih perlu dilakukan koordinasi dengan pihak lainnya agar pembangunan konstruksi jalan tol sesuai jadwal.

Tol ruas Pekanbaru-Dumai nantinya bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan maupun logistik menjadi 90 menit saja. Sebelumnya, untuk menuju dari Pekanbaru ke Dumai harus memakan waktu 4 hingga 5 jam.

Selain itu, pada tahun ini perseroan juga akan mengoperasikan sebagain dari jalan tol Aceh-Sigli. Adalah ruas Indrapuri-Blang Bintang (Seksi IV Tol Aceh-Sigli) sepanjang 13,5 kilometer dahulu yang akan dioperasikan.

“Di ujung tahun kita akan mengoperasikan Pekanbaru-Dumai dan sebagian dari Aceh-Sigli,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini