nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Blackout, PLN Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 18:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 08 320 2102171 pasca-blackout-pln-tingkatkan-kualitas-pelayanan-3V2D0pIKlC.jpeg Perbaikan Listrik PLN. (Foto: Okezone.com/Dok. PLN)

JAKARTA - Tidak hanya soal menormalkan listrik dengan memperbaiki pembangkit saat lampu padam. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) juga belajar memperbaiki fasilitas pelayanan pelanggan pasca-padam massal (blackout) beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kompensasi Mati Listrik Massal Cair di September Sampai Oktober

Hal tersebut dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN) ketika menerima kunjungan dari 50 orang perwakilan Contact Center Asia Pacific (CC-APAC) dan Pengurus Indonesia Contact Center Association (ICCA), pada hari ini, di Contact Center PLN 123 Gedung Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jakarta.

Contact Center PLN

GM PLN Disjaya Ikhsan Asaad mengatakan, salah satu yang sedang dikembangkan PLN adalah pemberian informasi dan komunikasi yang tepat dan cepat pada pelanggan. Hal ini dilakukan untuk bisa mengatasi kejadian seperti blackout beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Revisi Aturan, Kompensasi Mati Listrik Bisa Naik dari 30% Jadi 100%

"Itu jumlah incoming call banyak sekali. Jadi kita akan kerjasama denan contact center lain. Kita juga akan tingkatkan layanan dengan menghubungi pelanggan untuk memberi tahu listrik padam berapa lama, penyebab listrik padam, semua diberikan informasi," ujarnya di Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Dia mengatakan, di contact center PLN terdapat juga bagian media sosial yang dengan cepat akan memberi tahu informasi melalui twitter, facebook, instagram. Sehingga apapun informasi yang dibutuhkan pelanggan bisa diperoleh.

"Tidak usah khawatir, tidak dapat informasi karena banyak saluran komunikasi. Jadi kita lebih humanis melayani pelanggan," ujarnya.

CC PLN 123 sendiri merupakan Contact Center resmi PLN yang dikelola oleh PT ICON+ sejak 2010. Hingga saat ini, CC PLN 123 merupakan salah satu Contact Center yang memiliki agen terbanyak di Indonesia serta memiliki 9 (sembilan) site yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, CC PLN 123 juga aktif dalam kegiatan di ICCA dan kepengurusan ICCA.

"Kita ada 100 agen per hari. Rata-rata pelayanan di bawah 3 menit. Itu ada yang keluhan, informasi tambah daya, tagihan dan sebagainya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini