nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Masalah Dapur Beserta Solusinya, Nomor 6 Paling Sering Dihadapi

Delia Citra, Jurnalis · Senin 09 September 2019 16:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 470 2102534 10-masalah-dapur-beserta-solusinya-nomor-6-paling-sering-dihadapi-s6cdQB8VPr.jpg Ilustrasi Keran Air. (Foto: Okezone.com/thespruce.com)

JAKARTA - Dapur yang bersih dan rapih adalah idaman dari banyak orang. Kenyamanan dan kebersihan dapur tentunya perlu terjaga, apalagi untuk menyajikan makanan yang disajikan untuk keluarga.

Tetapi, apa jadinya jika hal-hal kecil bisa mengganggu kenyamanan dan kebersihan di area dapur. Berikut 10 tips atasi masalah di dapur, dilansir dari thespruce.com, Senin (9/9/2019).

1. Kulkas atau Freezer Tak Dingin

Jika kulkas atau freezer kamu tidak dingin, periksalah apakah pintunya sudah tertutup dengan baik atau belum. Perhatikan panas, tetesan, atau suara yang tidak biasa dari kulkas kamu. Kondensor kulkas yang beroperasi pasti menghasilkan panas, tetapi seharusnya panasnya itu tidak berlebihan.

Baca Juga: Waspadai Pengalihan Kredit Atas Azas Kepercayaan, Kenapa?

2. Kulkas atau Freezer Bau

Jika kulkas kamu bau, hal ini biasanya bisa disebabkan oleh makanan yang sudah rusak karena kontrol suhu. Sesuaikan suhu interior ke pengaturan optimal 0 dan 40 derajat F untuk mencegah penumpukan embun beku, pertumbuhan jamur, atau bau.

Kulkas

3. Oven terlalu lama memasak

Jika makanan kamu cepat hangus dalam oven atau terlalu lama untuk memasak, carilah termometer oven untuk memeriksa pengaturan suhu. Oven mungkin hanya perlu kalibrasi ulang daripada harus menggantinya.

Baca Juga: Tips Jitu agar Milenial Bisa Beli Rumah

4. Microwave Tidak Panas

Jika microwave kamu tidak dapat memanaskan makanan seperti biasanya, itu bisa terjadi karena magnetron atau mekanisme yang salah. Magnetron dapat terbakar ketika microwave dihidupkan saat keadaan kosong. Kamu kemungkinan besar harus mengganti bagian atau unit sepenuhnya.

Micro

5. Piring Microwave Tidak Berputar

Jika piring tidak berputar, makanan kamu bisa berakhir tidak matang. Bersihkan meja putar dan pastikan itu tidak terhalang oleh sisa-sisa makanan atau terjebak di puing-puing. Untungnya, itu perbaikan yang mudah. Periksa komponen dan instruksi khusus pabrikan dan model.

Micro

6. Wastafel atau keran menetes

Masalah ini sangat sering terjadi sehingga kita semua bisa menanganinya. Untungnya, memperbaiki keran yang bocor itu sederhana. Jika keran menyembur atau menyemprotkan air, bersihkan layar keran. Jika kamu melihat air atau jamur di bawah bak cuci, periksa kebocoran di dekat saluran pembuangan juga periksa pembuangan sampah dan saluran air yang mengarah ke peralatan lain.

7. Pembuangan Sampah Tidak Berfungsi

Jika dispenser kamu tidak menggiling sisa makanan, coba tombol reset dulu. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, cobalah menggiling satu atau dua es batu. Jika kamu merasa bahwa ada yang tersumbat dengan makanan, cabut stekernya sebelum mencoba menghilangkan penyumbatan. Juga, ganti gasket karet yang rusak. Mereka harus terlihat seperti kelopak bunga dan menutupi lubang pembuangan sepenuhnya.

8. Range Hood Tidak Membersihkan Asap

Masalah ini dapat disebabkan oleh masalah mesin. Biasanya masalahnya itu karena saluran udara yang tersumbat oleh minyak, atau filter udara yang perlu diganti atau dibersihkan. Filter udara adalah perbaikan sederhana. Inspeksi dan pembersihan saluran kerja bisa rumit. Jadi, cobalah kamu untuk memanggil seorang yang mengerti mengenai masalah ini untuk membersihkan lubang angin.

Range Hood

9. Pencuci Piring Tidak Membersihkan Piring

Ada beberapa alasan mengapa pencuci piring tidak dibersihkan. Jika kamu menemukan potongan makanan di piring, mulailah dengan membersihkan saringan. Jika kamu melihat tanda air di piring kamu, itu bisa jadi akibat residu sabun. Pertimbangkan mengubah deterjen kamu untuk membuatnya berkilau.

Cuci piring

10. Kompor Gas atau Listrik Tidak Berfungsi

Jika kompor kamu baik itu gas atau listrik tidak berfungsi, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Perbaikan kompor gas bisa sederhana dengan mengganti ignitor percikan. Sedangkan perbaikan kompor listrik dapat ditangani dengan elemen permukaan yang rusak, atau pemadaman lonjakan listrik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini