nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istana di Papua Tak Semewah Bogor dan Merdeka, Tapi Mirip Bangunan Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 470 2103522 istana-di-papua-tak-semewah-bogor-dan-merdeka-tapi-mirip-bangunan-ini-LEHoul0vyg.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, istana di Papua tidak dibangun semegah Istana Merdeka di DKI Jakarta.

Seperti diketahui Kementerian PUPR telah diberi tugas untuk membangun istana Kepresidenan di Jayapura, Papua oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Istana di Papua ini tak seperti Istana Merdeka dan Istana Bogor. Karena istana ini hanya akan dikunjungi Presiden di waktu-waktu tertentu saja," ujar dia di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Presiden Jokowi Santap Siang Bareng Pemenang Festival Gapura asal Papua

Dia menuturkan, istana di Papua itu seperti wisma negara. Sehingga nanti akan menjadi kantor Presiden Jokowi kalau ada keperluan. Kendati demikian, Kementerian PUPR masih belum mendapatkan gambaran mengenai pembangunan Istana Kepresidenan ini.

"Pasalnya, Presiden Jokowi baru memerintahkan kemarin setelah bertemu dengan 61 tokoh Papua. Dan kami baru mau survei lokasinya karena ada 10 hektare yang dipersiapkan untuk pembangunan istana yang di Jayapura, Papua," ungkap dia.

Baca Juga: Menteri Basuki Bocorkan Lokasi Istana Kepresidenan di Papua

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerangkan akan terlebih dahulu berdiskusi dengan para menteri di Kabinet Kerja sebelum mulai membangun istana kepresidenan di Tanah Cendrawasih itu. "Saya diskusi dulu dengan para menteri. Jadi mulai tahun depan istana ini akan dibangun. Sudah," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Bangun Istana Kepresidenan di Papua, Bappenas: Belum Spesifik

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Jokowi dengan Abisai Rolio yang didapuk sebagai ketua rombongan tokoh Papua dan Papua Barat. Abisai menyampaikan sejumlah permintaan warga Papua ke Jokowi, salah satunya adalah membangun Istana Kepresidenan di Jayapura.

Bahkan, Abisai pun langsung menyumbangkan tanahnya seluas 10 hektare untuk pembangunan Istana Kepresidenan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini