nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Tes CPNS 2019, 5 Fakta Usia 40 Tahun Masih Bisa Daftar

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 07:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104462 jelang-tes-cpns-2019-5-fakta-usia-40-tahun-masih-bisa-daftar-vsJZsUccuE.jpg Suasana Seleksi CPNS (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah akan kembali membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Direncanakan, seleksi penerimaan CPNS tersebut akan dibuka pada bulan Oktober-November 2019.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 17 Tahun 2019, pemerintah menetapkan batas usia paling tinggi, yaitu 40 tahun menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan jabatan-jabatan tertentu.

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Perlu Diketahui dalam CPNS 2019

Okezone akan merangkum fakta-fakta mengenai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Berikut faktanya, Minggu (15/9/2019):

1. Aturan Baru Seleksi CPNS 2019

Pemerintah mengeluarkan aturan baru yang memungkinkan seseorang berusia 40 tahun bisa melamar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) namun dengan syarat.

Infografis CPNS 2019

"Sesuai Pasal 23 Nomor 11 2017 disebutkan bahwa usia pelamar paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Namun, batas usia pelamar tersebut dapat dikecualikan paling tinggi 40 tahun bagi jabatan-jabatan tertentu yang ditetapkan oleh Presiden," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir kepada Okezone.

2. Jabatan untuk CPNS dengan Usia 40 Tahun

Menurut dia, melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 17 Tahun 2019, jabatan tertentu itu, seperti Dokter, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa. Usia pelamar CPNS pada keenam jabatan tersebut dihitung saat melamar sebagai CPNS.

Baca Juga: Hanya Jabatan Ini yang Bisa Terima CPNS Usia 40 Tahun

"Jadi tidak semua jabatan untuk usia 40 tahun ini," ungkap dia.

Sebelumnya, menjelang proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, pemerintah mengingatkan semua pihak untuk tidak bermain alias menjadi calo proses rekrutmen. Hal tersebut dipastikan tidak akan bisa dan segera ditindak pihak berwajib.

Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, pemerintah menginginkan rekrutmen yang baik, profesional, bersih dan tidak ada calo.

"Jangan ada yang bermain dengan proses rekrutmen CPNS. Jangan ada yang bermain dengan semua hal yang menghambat birokrasi, yang membuat birokrasi lamban, berbelit dan tidak responsif harus dikikis habis," tegas Syafruddin dalam keterangannya.

CPNS

3.Penetapan Formasi Masih Finalisasi

Hingga saat ini Kementerian PANRB sedang melakukan finalisasi penetapan formasi untuk pengadaan CPNS 2019 pada instansi baik pusat maupun daerah. Setelah penetapan formasi, setiap instansi yang mendapatkan formasi akan mengumumkan pengadaan CPNS di instansi masing-masing, yang antara lain akan berisi: jabatan yang lowong dan akan diisi, jumlah formasi untuk setiap jabatan, persyaratan untuk setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), serta tata cara dan waktu pendaftaran,

4. Pentingnya Belajar Tes CPNS

Jelang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan tips sukses tes CPNS. Agar lulus menjadi CPNS menang tidaklah mudah, karena butuh niat yang kuat serta persiapan yang matang.

BKN pun memberikan rahasia sukses tes CPNS. Seperti dikutip dalam video youtube BKN, seorang CPNS bernama Anty mengisahkan pengalamannya mengikuti tes CPNS 2018. Video berdurasi 4 menit 9 detik yang diunggah pada 6 September ini berisi alasan, motivasi hingga rahasia sukses menjadi CPNS.

"Anty, CPNS BKN tahun 2018, menceritakan motivasinya menjadi PNS dan perjuangannya menghadapi tes CPNS," tulis BKN seperti dikutip Okezone, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Pentingnya belajar tes CPNS ini karena dengan belajar akan membuat diri kita semakin terlatih dan mengerjakan soal-soal pun menjadi lebih cepat dan tepat.

CPNS

5. Tes Masih Belum Dibuka

Hingga saat ini, pengumuman pengadaan CPNS 2019 diperkirakan akan diumumkan sekitar akhir September/awal Oktober 2019, melalui website Kementerian PANRB dan website instansi masing-masing.

Selain hal di atas, diingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang berhubungan dengan pengadaan CPNS. Dalam sistem seleksi yang diberlakukan selama ini, tidak ada seorang pun yang dapat membantu agar seseorang dapat diterima menjadi CPNS.

“Meskipun telah diingatkan tentang hal ini berkali-kali, masih saja terdapat anggota masyarakat yang tertipu. Hal ini jangan sampai terjadi lagi,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini