nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Baru Pakai Konsep City in The Forest

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 16 September 2019 10:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 470 2105287 ibu-kota-baru-pakai-konsep-city-in-the-forest-C2lokoQCe7.png Konsep Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Instagram/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat perihal hutan di Kalimantan. Pasalnya, Kalimantan Timur sendiri memiliki luas hutan sebesar 14.651.053 hektar yang harus dijaga dari pembangunan di ibu kota teranyar Indonesia.

Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempunyai solusi untuk itu. Sebab, mereka akan menjaga kelestarian hutan dengan menggunakan konsep 'City in the Forest' untuk ibu kota baru. Hal ini diutarakan melalui instagram resmi PUPR.

Baca Juga: 3 Mantan Ibu Kota Indonesia, Salah Satunya di Bireun

"Sesuai konsep City in the Forest, pembangunan Ibu Kota baru akan tetap menjaga kelestarian hutan di Kalimantan dengan meminimalisir intervensi terhadap hutan yang telah ada. Selain itu, dialokasikan juga Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan dibangun sebanyak minimal 50% dari total luas area Ibu Kota baru," tulis @kemenpupr di Instagram, Senin (16/9/2019).

Infografis Pemindahan Ibu Kota

Dalam konsep baru tersebut, terlihat PUPR berusaha mencegah intervensi hutan di Kalimantan dengan pembangunan yang sekiranya akan membludak. Bahkan, mereka juga ingin membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan luas tidak kurang dari 50% area ibu kota baru.

Baca Juga: Menhub Akan Bangun LRT di Ibu Kota Baru

Adapun RTH yang akan dibangun adalah seperti taman rekreasi, kebun binatang, taman botani, hingga kompleks olahraga. Pengadaan RTH ini nantinya akan terintegrasi dengan bentang alam yang sudah ada, seperti kawasan berbukit dan Daerah Aliran Sungai (DAS).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini