nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Basuki: Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Ibu Kota Baru Kecil Sekali

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 September 2019 15:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 470 2105460 menteri-basuki-potensi-kebakaran-hutan-dan-lahan-di-ibu-kota-baru-kecil-sekali-vvqdBLtYVb.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal tersebut usai dilakukan survey mengenai potensi kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga: Kapolri Sebut Kebakaran Hutan di Riau Ada Unsur Kesengajaan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ibu kota baru memiliki potensi kebakaran hutan yang kecil sekali. Pasalnya, tidak banyak industri batu bara yang ada di sana.

Industri batu bara banyak beroperasi di timur dari Bukit Soeharto. Sedangkan untuk sebelah utara, jumlah industri batu bara tidak terlalu signifikan.

Ilustrasi Kebakaran

"Kami sudah survei, kalau yang di sebelah timur (Bukit) Soeharato-Semboja itu memang daerah batu bara tapi sebelah utara kelihatannya batu baranya tidak signifikan menurut survey kita," ujarnya saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (17/9/2019).

Baca Juga: Ibu Kota Baru Pakai Konsep City in The Forest

Menurut Basuki, jika ada industri batu bara maka potensi kebakarannya sangat besar. Bahkan untuk menyelesaikan kebakaran hutannya bisa berlarut-larut

"Menurut survei kami yang recognize tipis. Udah kalau batu bara itu bahaya, dia bisa terus tahunan kalau terekspos terbakar itu bisa masuk ke dalam dan itu paling susah," jelasnya.

Meski demikian, Basuki menyatakan akan melakukan kajian lebih detail potensi karhutla di kawasan Samarinda. Selain itu, pihaknya telah merencanakan untuk membuat bendungan sebagai upaya berjaga-jaga terkait karhutla.

"Kita kan lokasinya di sebelah sini kalau yang di sebelah sininya yang kena tol itu memang gambut batu bara tapi yang sebelah sini (utara) batu bara tipis. Mau bikin bendungan di situ," kata Basuki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini