nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek yang Rawan Timbulkan Bencana, Jalan Tol hingga Kereta Cepat

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 06:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 17 320 2106030 proyek-yang-rawan-timbulkan-bencana-jalan-tol-hingga-kereta-cepat-32OORO94w1.jpg Proyek yang Rawan Timbulkan Bencana (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebijakan pembangunan ekonomi membuat Pulau Jawa semakin rentan. Pasalnya, sabuk Pantai Selatan Jawa, kawasan buffer zona sistem hidrologis di pegunungan hancur karena pembangunan infastruktur yang dibangun di zona bencana.

"Kami (Walhi), mengidentifikasi sekitar 30 titik proyek atau investasi dan kebijakan pemerintah di sepanjang pesisir selatan Jawa berpotensi meningkatkan risiko bencana," ujar Koordinator Kampanye Walhi Edo Rakhman di Kantor Walhi, Jakarta.

Bahkan, pesisir selatan Jawa dalam satu dekade terakhir menghadapi risiko bencana geologis dalam bentuk gempa dan erupsi gunung berapi. Tidak hanya itu, pesisir selatan Jawa juga menanggung risiko bencana hidrometeorologis seperti bencana banjir, longsor dan gelombang pasang.

Maka dari itu Direktur Walhi Jawa Barat Meiki Paendong mengungkapkan beberapa proyek yang berpotensi meningkatkan risiko bencana. Seperti proyek pembangunan dua bandara di pantai selatan jalan tol dan kereta cepat yang membelah kawasan rawan pergerakan tanah.

Baca Selengkapnya: 30 Proyek di Selatan Jawa Rawan Bencana, Kereta Cepat Masuk Daftar

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini